Bukan pakai cabai atau daun salam, ini trik mengusir kutu beras mengandalkan 1 bahan dapur

Bukan pakai cabai atau daun salam, ini trik mengusir kutu beras mengandalkan 1 bahan dapur
TikTok/@karmel.leeya ; Pexels/Polina Tankilevitch

Brilio.net - Ada banyak beras yang dapat dimasak jadi nasi lalu dikonsumsi bersama aneka lauk, contohnya beras putih, merah, hitam, dan lain sebagainya. Bahan makanan ini dipercaya bisa jadi sumber karbohidrat buat meningkatkan energi saat beraktivitas.

Selain karbohidrat, dilansir dari chhs.colostate.edu, beras juga punya nutrisi lain seperti serat, mangan, selenium, vitamin B, dan masih banyak lagi. Nah, selain mengetahui manfaatnya, penting pula untuk mempelajari cara menyimpan beras yang baik, sehingga kualitasnya tetap terjaga. Pasalnya, kalau kualitas beras sudah menurun, bisa-bisa muncul kutu, lho.

Dilansir dari sfa.gov.sg, jika kondisi beras sudah berubah jadi bubuk dan muncul banyak kutu, sebaiknya beras langsung dibuang. Namun, jika kutu yang ada di dalam beras masih belum terlalu banyak dan kualitas beras bagus, kamu cukup mengusir kutunya dengan berbagai trik.

Umumnya, orang-orang memasukkan cabai ataupun daun salam ke dalam tempat penyimpanan beras yang ada kutunya. Usut punya usut, kedua bahan ini punya aroma kuat yang tak disukai kutu. Di samping itu, salah seorang warganet di akun TikTok @karmel.leeya punya satu trik lagi yang tak kalah ampuh untuk membantu mengusir kutu beras.

"kutunya auto kabur dan keluar dari beras secara sukarela dan mandiri ," ungkap pemilik akun TikTok @karmel.leeya, dikutip BrilioFood pada Selasa (17/10).

Penasaran gimana triknya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya