Cukup pakai 2 butir, begini cara bikin telur dadar makin tebal meski tanpa tepung dan tahu

Cukup pakai 2 butir, begini cara bikin telur dadar makin tebal meski tanpa tepung dan tahu
TikTok/@cemilan_4bocils

Brilio.net - Salah satu menu makan yang lezat dan mudah dibuat adalah telur dadar. Olahan telur satu ini cukup dibuat dengan cara mencampur telur dengan bumbu-bumbu. Setelah itu, adonan telur bisa langsung digoreng begitu saja di wajan berisi minyak panas.

Sekalipun hanya disantap dengan nasi hangat dan sambal, telur dadar cenderung lezat dan super nagih. Bagaimana tidak, pembuatan telur dadar sendiri bahkan bisa dicampur dengan bahan lain untuk menambah cita rasanya. Misalnya dicampur daun bawang, cabai, bawang merah, hingga tepung.

Nah, menambahkan tepung ke dalam adonan telur dadar memang kerap dilakukan supaya volumenya lebih tebal. Jika hasilnya kian tebal, tentu telur dadar dapat disajikan untuk beberapa porsi makan. Hal ini dianggap lebih hemat karena kamu tak perlu menggunakan banyak telur.

Tapi penggunaan tepung juga bisa memengaruhi rasa akhir pada telur dadar, lho. Pasalnya rasa tepung pada telur dadar ini bisa lebih dominan, terlebih jika takarannya terlalu banyak. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang kurang suka mengonsumsi telur dadar dengan campuran tepung.

Sebagai gantinya, ada juga yang menggunakan bahan lain, yakni tahu. Menambahkan tahu ke dalam adonan telur dadar juga sangat umum dilakukan. Selain bikin tebal, cara ini dipercaya dapat membuat tekstur telur dadar jadi lebih lembut dan kenyal.

Namun jika menggunakan tahu, kamu tetap harus menggunakan telur sebanyak 3-4 butir agar teksturnya benar-benar tebal, nih.

Tenang, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk lebih menghemat penggunaan telur. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @cemilan_4bocils.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua butir telur saat membuat telur dadar. Namun ada bahan-bahan lain yang ditambahkan supaya volume telur dadar jadi makin tebal. Tak perlu khawatir, penambahan bahan ini nggak akan mengubah rasa asli dari telurnya, kok.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya