Bukan pakai jeruk nipis atau kopi, ini cara praktis hilangkan bau amis di tangan usai mengolah ikan

Bukan pakai jeruk nipis atau kopi, ini cara praktis hilangkan bau amis di tangan usai mengolah ikan
foto: YouTube/nisa Syah =atau= Unsplash/Mélissa Jeanty

Brilio.net - Menyantap ikan bisa mendukung gaya hidup sehat karena nutrisi dari lauk satu ini beragam banget. Dilansir dari wa.gov, ikan kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B2, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi. Bahkan, American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Wah, nggak perlu diragukan lagi ya manfaatnya? Ikan pun bisa dikreasikan jadi banyak variasi hidangan, nih. Misalnya, ada ikan goreng, ikan bakar, ikan asam manis, tim ikan, dan lain sebagainya. Buat yang sering masak ikan, pasti tahu kalau sebaiknya jangan hanya memperhatikan ikan saat ingin mengolahnya jadi masakan, tapi juga tangan kita. Pasalnya, bau amis dari ikan bisa berpindah ke tangan dan jadi membandel, lho.

Dilansir dari indianapublicmedia.org, bau amis dari ikan ini berasal dari sel-sel tubuhnya yang mengeluarkan zat kimia bernama trimethylamine oxide. Terkadang, bau amis ikan yang menempel di tangan sulit hilang jika dicuci pakai sabun saja. Alhasil, banyak orang mencari alternatif bahan lain seperti kopi, jeruk nipis, atau lainnya. Tetapi, biar nggak repot mencari bahan-bahan tersebut, kamu bisa mencoba cara yang dibagikan warganet bernama Nisa, nih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya