Tanpa bahan tambahan, begini trik menghilangkan bau pesing pada rebung

Tanpa bahan tambahan, begini trik menghilangkan bau pesing pada rebung
foto: YouTube/Mama Hapsari

Brilio.net - Rebung merupakan bambu muda yang bisa diolah jadi berbagai macam masakan. Bambu muda yang teksturnya lunak ini kerap dimasak jadi isian lumpia, gulai, lodeh, hingga aneka tumisan. Aneka masakan yang terbuat dari rebung itu seringkali disajikan sebagai camilan atau menu sayur untuk makan berat.

Hanya saja ada satu persoalan yang kerap dihadapi banyak orang saat memasak rebung. Hal ini adalah bau pesingnya yang sangat mengganggu. Bau dari rebung ini juga sering bikin sebagian orang enggan mengonsumsi menu olahan yang terbuat dari rebung.

Untuk menghilangkan bau rebung, biasanya sejumlah orang akan merebus rebung dengan bahan tambahan. Misalnya dengan rempah-rempah seperti serai dan jahe, atau dengan bumbu penyedap seperti garam dan gula. Namun selain dengan tambahan bahan, bau tersebut bisa hilang hanya dengan direbus biasa, lho.

Salah satu pengguna YouTube bernama Hapsari pernah membeberkan cara menghilangkan rebung hanya dengan direbus saja. Melalui channel YouTube Mama Hapsari, dia bahkan mengaku tidak menambahkan bahan apa pun dalam merebus rebung. Walaupun begitu, bau pesingnya tetap bisa hilang.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya