Bukan pakai koran atau baking soda, ini cara basmi bau apek di toples plastik cuma dengan 1 bahan kue

Bukan pakai koran atau baking soda, ini cara basmi bau apek di toples plastik cuma dengan 1 bahan kue
TikTok/@umimaull

Brilio.net - Aneka bahan makanan mentah, hingga makanan siap konsumsi seperti kerupuk dan kue kering biasanya akan disimpan di dalam toples.

Di pasaran, ada banyak variasi toples yang dijual bebas. Salah satunya ada yang terbuat dari bahan plastik. Toples jenis ini paling sering dipilih karena bahannya ringan, murah, dan terkenal awet tahan lama.

Sayangnya, penggunaan toples plastik ini juga memiliki kekurangan tersendiri, lho. Saat digunakan untuk menyimpan bahan makanan, biasanya aroma dari makanan tersebut akan menempel kuat. Terlebih jika makanan itu disimpan dalam waktu lama.

Sekalipun makanan sudah habis dan toples telah dibersihkan, baunya masih menyengat kuat. Sedangkan jika dibiarkan begitu saja, aroma tersebut bisa bercampur dengan bau plastik. Jadi menghasilkan bau apek yang kurang sedap, deh. Bau apek pun jadi mengontaminasi bahan makanan selanjutnya yang juga disimpan di toples.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan mencuci toples dengan cara khusus. Bukan dengan sabun, melainkan menggunakan koran, kopi, atau bahkan baking soda. Jadi koran tersebut akan dibakar dan asap dari pembakarannya bisa dipakai menghilangkan bau apek hilang.

Sedangkan kopi dan baking sodanya biasanya dicampur dengan air untuk kemudian dimasukkan ke toples. Setelah didiamkan beberapa jam, bau apek toples akan hilang.

Bukan pakai koran atau baking soda, ini cara basmi bau apek di toples plastik cuma dengan 1 bahan kue

foto: TikTok/@umimaull

Namun jika kamu sedang tidak memiliki stok koran, kopi, maupun baking soda, tak perlu khawatir. Nah, ada bahan lain yang bisa kamu gunakan, nih.

Seorang pengguna TikTok @umimaull pernah membagikan cara mudah dalam membasmi bau apek di toples. Bahan ini cenderung lebih praktis digunakan karena tidak perlu dicampur dengan air atau dibakar seperti halnya koran. Walaupun begitu, bau apek bisa benar-benar hilang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya