Bukan pakai minyak, cara simpel hilangkan getah pada mangga ini bikin tampilan buah ciamik

Bukan pakai minyak, cara simpel hilangkan getah pada mangga ini bikin tampilan buah ciamik
foto: YouTube/warna warni channel

Brilio.net - Sering menjadi buah favorit banyak orang, mangga adalah buah yang berasal dari Asia dan banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang menanam pohon mangga di sekitaran rumahnya. Selain bertujuan sebagai pohon perindang, saat musim mangga tiba, buah bisa dipanen untuk dikonsumsi.

Memiliki rasa yang manis, mangga di Indonesia sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing jenis mangga memiliki rasa aroma yang berbeda-beda. Namun semua mangga tersebut tetap memiliki gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari webmd.com, buah berkulit hijau ini mengandung magnesium, potasium, vitamin A, C, K, serta nutrisi lainnya. Apabila dikonsumsi rutin, kandungan mangga tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, tak banyak yang tahu apabila ternyata getah pada mangga malah berbahaya untuk tubuh.

Iya, getah mangga yang berwarna bening tersebut dapat membuat iritasi pada kulit. Iritasi yang ditimbulkan biasanya berupa rasa gatal dan sedikit perih pada bagian tubuh yang terkena. Oleh karena itu, pastikan kamu mencuci mangga terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, ya.

Cara menghilangkan getah mangga pun harus dilakukan secara benar. Karena apabila asal-asalan getah pada kulit mangga tak bisa hilang begitu saja. Biasanya kebanyakan orang sampai mengolesi minyak atau pelumas untuk membersihkannya. Namun, hal ini tentunya akan membuat penampilan kulit mangga menjadi berminyak.

Nah, untuk menghilangkan getah pada mangga ini kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh warganet dengan nama akun YouTube warna warni channel. Di salah satu video YouTubenya, ia memberikan tutorial bagaimana membersihkan mangga dengan benar. Alhasil, mangga bisa bersih secara maksimal dan aman untuk dikonsumsi.

Dalam video tersebut nampak seluruh permukaan mangga dilapisi oleh getah yang menempel. Dengan begitu, tampilan mangga pun menjadi kehitaman, karena segala kotoran menempel pada getah tersebut. Akibatnya tampilan mangga pun menjadi tidak menarik lagi.

"Ini selain daya jualnya rendah, orang juga segan untuk mengonsumsinya," ungkap pemilik akun YouTube warna warni channel, dikutip BrilioFood pada Rabu (11/1).

Bukan pakai minyak, cara simpel hilangkan getah pada mangga ini bikin tampilan buah ciamik

foto: YouTube/warna warni channel

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya