Bukan pakai pisau, begini cara mudah buang tulang daun jeruk agar tak pahit saat diolah

Bukan pakai pisau, begini cara mudah buang tulang daun jeruk agar tak pahit saat diolah
YouTube/Ibuk Arini

Brilio.net - Daun jeruk kerap digunakan untuk meningkatkan aroma sebuah masakan. Tapi bukan daun jeruk biasa, daun jeruk yang dipakai adalah dari jenis jeruk purut. Daun jeruk purut punya aroma lebih menyengat dibandingkan jenis daun jeruk lain, sehingga sering diandalkan sebagai tambahan rempah masakan.

Selain jadi bumbu aromatik, daun jeruk juga biasa digunakan sebagai perasa, lho. Misalnya untuk rempeyek atau camilan kering seperti basreng. Penambahan daun jeruk yang sudah dihaluskan bisa bikin cita rasa dan aroma makanan lebih lezat.

Di sisi lain, daun jeruk juga punya segudang manfaat saat dikonsumsi. Dilansir dari maejum.com, mengonsumsi daun jeruk bisa meningkatkan kesehatan mulut, detoksifikasi darah, meningkatkan kesehatan kulit, pencernaan, hingga membantu sistem kekebalan tubuh. Nggak heran jika daun jeruk banyak diburu untuk dikonsumsi, baik sebagai campuran masakan atau obat herbal.

Walaupun aromanya sedap, tapi daun jeruk juga memiliki rasa pahit saat dikonsumsi. Usut punya usut, rasa pahit ini berasal dari tulang atau batang daun jeruk yang berada di bagian tengahnya. Oleh karena itu, tulang daun ini harus dibuang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya