Bukan pakai rempah daun, ini cara ampuh mengusir kutu di beras dengan 2 bahan dapur

Bukan pakai rempah daun, ini cara ampuh mengusir kutu di beras dengan 2 bahan dapur
foto: TikTok/@sucistiqomah06

Brilio.net - Beras termasuk salah satu bahan makanan yang kerap distok dalam jumlah banyak. Bagaimana tidak, beras yang diolah menjadi nasi sudah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, stok beras harus selalu ada agar bisa dipakai sewaktu-waktu.

Menyimpan beras dalam jumlah banyak memang terbilang efektif. Namun hal ini juga bisa menimbulkan masalah tersendiri. Semakin lama disimpan, beras bisa mengeluarkan bau apek dan berkutu, lho.

Kutu beras biasanya berasal dari serbuk halus beras yang disebut tepung beras. Tepung inilah yang kemudian akan melahirkan telur kumbang beras dan menjadi kutu. Jika dibiarkan terlalu lama, kutu tersebut bisa berkembang semakin banyak. Alhasil, kualitas beras pun bisa menurun.

Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, sebagian besar orang biasanya akan menyimpan beras dengan bahan tambahan. Nah, bahan yang dimaksud umumnya memiliki aroma yang menyengat, seperti rempah daun. Ada banyak rempah daun yang kerap digunakan untuk mengusir kutu beras, misalnya daun pandan, daun jeruk, atau bahkan daun salam.

Penambahan rempah daun ini terkadang memang dapat mencegah datangnya atau bahkan tumbuhnya kutu beras. Namun dalam beberapa kasus, rempah daun tidak bisa sepenuhnya mengusir kutu yang telanjur mengontaminasi beras. Selain itu, rempah daun yang disimpan dalam beras justru rentan busuk, sehingga mengontaminasi beras di dalamnya.

Nah, supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan metode yang digunakan oleh pengguna TikTok @sucistiqomah06. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memakai bahan lain yang lebih ampuh dalam mengusir kutu beras. Bahan ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di dapur karena sering dipakai untuk memasak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya