Pakai 1 bumbu masak, ini trik cepat mengusir kutu beras agar layak dipakai lagi

Pakai 1 bumbu masak, ini trik cepat mengusir kutu beras agar layak dipakai lagi

Brilio.net - Kutu beras dikenal sebagai jenis kumbang kecil yang memakan biji-bijian seperti gandum dan beras. Serangga satu ini merupakan hama yang sulit dikendalikan jika sudah mengontaminasi. Bagaimana tidak, ukurannya kecil dan gerakannya yang gesit membuatnya sulit dibasmi.

Menyimpan beras dalam waktu yang lama memang bisa mengundang kutu untuk bersarang di dalamnya. Dan jika sudah terkontaminasi kutu, beras ini jadi sulit diolah. Kamu harus menghilangkan kutu berasnya terlebih dahulu supaya beras kembali bersih dan layak dikonsumsi.

Menghilangkan kutu beras pada dasarnya jadi pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Jadi, beras yang berkutu tinggal digelar di atas nampan bambu dan dijemur di bawah sinar matahari. Nah, sinar matahari yang panas akan mengusir kutu beras tersebut. Alhasil, beras pun bersih dan bisa dipakai lagi.

Namun mengusir kutu beras dengan cara tersebut juga memberikan efek lain, lho. Terkadang, kutu yang terkena sinar matahari justru mati di dalam beras. Jika sudah begitu, kamu tetap harus membersihkan kutu berasnya satu per satu.

Jika ingin lebih cepat, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @joliabubakar. Bukan dijemur atau dipindahkan ke tempat lain, pengguna TikTok tersebut justru hanya mengandalkan satu bumbu masak.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya