Cara jitu iris dada ayam biar hasilnya lebih banyak dan rapi

Cara jitu iris dada ayam biar hasilnya lebih banyak dan rapi
Dengan potongan seperti ini, teksturnya dagingnya jadi lebih lembut. |

Pria yang akrab disapa Ading ini biasanya mengiris dada ayam jadi tipis-tipis terlebih dahulu sebelum dimarinasi dan dimasak jadi aneka hidangan. Nggak hanya bikin daging ayam lebih tipis dan cepat matang, hasil dada ayam pun jadi lebih banyak dan lebih lembut usai dimasak, lho. Kunci dari memotong cara ini adalah penggunaan pisau yang tajam.

"Waktu itu ada yang nanya cara slice dada ayamnya... here we go (ayo kita mulai iris). Make sure (Pastikan) pisau kamu tajem ya," jelasnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@adingggsss, Kamis (3/11).

Cara jitu iris dada ayam biar hasilnya lebih banyak dan rapi

foto: TikTok/@adingggsss

Pertama, pisahkan terlebih dahulu bagian kiri dan kanan dada ayam, lalu iris dan buang bagian lemak yang masih menempel di dada ayam. Kemudian, iris bagian bawah dada ayam terlebih dahulu secara perlahan sampai terlepas.

Dengan diiris dari bawah, dada ayam bisa diletakkan di atas talenan tanpa mudah bergeser nantinya. Nah, sisihkan terlebih dahulu bagian bawah dada ayam yang sudah diiris tipis ke dalam mangkuk.

Cara jitu iris dada ayam biar hasilnya lebih banyak dan rapi

foto: TikTok/@adingggsss

Lanjut potong serong dada ayam sampai terbagi dua. Ambil potongan yang paling tebal terlebih dahulu. Lalu, iris tipis dari bagian bawah sampai putus, sisihkan ke dalam mangkuk. Untuk sisanya, karena ukurannya sudah jauh lebih kecil, bisa diiris tapi jangan sampai putus, sehingga bentuknya jadi melebar.

Cara jitu iris dada ayam biar hasilnya lebih banyak dan rapi

foto: TikTok/@adingggsss

Lanjut iris sisa dada ayam yang masih tersisa dengan cara yang sama. Dengan cara memotong seperti ini, hasil potongan jadi lebih banyak, meski hanya berasal dari satu dada ayam. Kamu juga bisa mengirisnya lagi jadi semakin tipis jika ingin membuatnya seperti menu BBQ. Jika sudah cukup puas dengan potongan tersebut, bisa langsung diolah.

"Itu gw setting tebel ga tipis banget," jelas Ading.

Tetapi, perlu diingat lagi untuk memastikan pisau sudah benar-benar tajam biar mudah digerakkan dan hasil irisan ayamnya rapi. Trik mengiris dada ayam ini juga bisa dipakai oleh pemilik bisnis olahan ayam, lho. Ditonton ratusan ribu kali, kolom komentar unggahan tersebut pun banyak dipenuhi respons antusias warganet.

@adingggsss waktu itu ada yang nanya cara slice dada ayamnya ... here we go. Make sure pisau kamu tajem ya.. #fyp #samasamabelajar original sound - Ading - Ading nyari makan

"Jadi banyak mantep bener potongan nya," kata TikTok/@Faisal Palevi.

"Prnah jualan hmpir mirip kek gini jga dirumh smbil skolah sih, tpi sayng bgt ga laku," ungkap TikTok/@el.

"Berapa gram itu bro perporsi? ga ketipisan?" tanya TikTok/@CalonMantuu.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya