Cara jitu masak tanpa gas dan listrik, solusi tepat di akhir bulan

Cara jitu masak tanpa gas dan listrik, solusi tepat di akhir bulan
TikTok/@resep_inspirasi_debm

Brilio.net - Kebanyakan orang memasak menggunakan kompor yang apinya bisa menyala karena ada gas elpiji maupun minyak tanah. Ada pula kini kompor listrik tanpa gas. Namun masih ada juga orang yang memasak menggunakan kayu bakar, lho. Bahkan pakai tungku pun juga ada. Kamu bisa membuat segala jenis masakan menggunakan deretan alat masak tersebut.

Tapi bagaimana jadinya kalau kamu tidak punya gas maupun kompor listrik?

Nah, selain pakai kompor tradisional yang mengandalkan arang serta bahan bakar lainnya, ternyata ada satu trik lagi, nih. Kamu bisa langsung membuat kobaran api sendiri di rumah. Tanpa ribet dan serba mahal.

Sama seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @resep_inspirasi_debm. Akun tersebut memerlihatkan bagaimana cara membuat api untuk memasak kalau kamu baru nggak ada gas elpiji dan kompor listrik.

Video tersebut menjelaskan kalau kamu tetap bisa membuat nyala api stabil dan tahan lama tanpa repot-repot menggunakan kayu bakar, lho. Cukup sediakan beberapa alat yang mudah ditemukan di rumah, yakni cobek, tisu, dan minyak goreng. Siapkan juga korek sebagai pemantik api supaya bisa menyala nantinya.

Cara jitu masak tanpa gas dan listrik, solusi tepat di akhir bulan

foto: TikTok/@resep_inspirasi_debm

Siapkan cobek batu yang tebal dan berukuran besar, ya. Cobek batu cenderung tidak mudah bolong dan tahan api. Sehingga aman jika digunakan sebagai alas. Kemudian ambil beberapa helai tisu kering dan letakkan di bagian atas cobek. Remas sedikit tisu supaya menggumpal dan api tidak menyebar kemana-mana.

Cara jitu masak tanpa gas dan listrik, solusi tepat di akhir bulan

foto: TikTok/@resep_inspirasi_debm

Setelah itu, tuang minyak goreng di bagian atas tisu. Usahakan minyak merata dan semua bagian tisu terlapisi. Jangan lupa untuk merapikan lagi bagian pinggir tisu untuk memastikan tidak ada yang keluar dari cobeknya. Barulah kemudian nyalakan api menggunakan korek.

Api akan menyala dengan sendirinya dalam waktu yang cukup lama, lho. Nah, biar wajan nggak langsung bergesekan dengan tisu dan cobek, kamu bisa menggunakan tatakan kompor. Jadi, lebih mudah deh jika akan digunakan untuk menggoreng atau memasak menu lain.

Cara jitu masak tanpa gas dan listrik, solusi tepat di akhir bulan

foto: TikTok/@resep_inspirasi_debm

Lantas sebagai percobaan, akun tersebut mencontohkan menggoreng telur ceplok. Setelah telur matang, api bahkan masih menyala. Kemudian dia pun lanjut menggoreng bawang dan cabai yang akan diolah jadi sambal sebagai pendamping telur goreng tadi.

Video tentang tips memasaktanpa gas dan listrik ini cukup menarik perhatian warganet. Video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 17 juta pengguna. Bahkan tidak sedikit juga yang berkomentar menanggapi dan tertarik ingin mencoba trik tersebut.

"anak kost seneng liat ini," komentar akun @tedszyaputz dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@resep_inspirasi_debm pada Sabtu (4/6).

"cara ini aku pakek waktu solo hiking di gunung sumbing," tulis akun TikTok/@azlandazhari.

"kreatif," ungkap akun TikTok/@magda.suprapti.

"bagus ni klo habis gas dlokal," ujar pengguna TikTok/@fauziahhh__

"Bisa buat alternatif pengganti Gas, Gas yang bakal dinaikin Pemerintah 2022," sahut akun TikTok/@yatmanthebogors.

"craa msak untuk di pondokk," kata akun TikTok/@l0v37u

@resep_debm

Tips masak saat gas dan lipstik habis

original sound - @resep_inspirasi_debm

Memasak dengan cara ini bisa jadi hal baru tentunya. memang cocok banget buat kamu yang mungkin memiliki keterbatasan akses tabung gas atau listrik. Misalnya anak kos, para pendaki, bahkan anak pondok. Nah, gimana? Tertarik mencoba?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya