Cara jitu mematangkan nanas agar manisnya merata, simpel tanpa karbit pematang buah

Cara jitu mematangkan nanas agar manisnya merata, simpel tanpa karbit pematang buah
Pexels/Pineapple Supply Co

Brilio.net - Nanas tergolong sebagai buah tropis. Banyak masyarakat menyukai buah ini lantaran enak, segar, dan airnya banyak. Buah nanas juga nggak melulu harus disantap begitu saja, tapi bisa pula diolah jadi berbagai hidangan seperti jus, smoothies, nastar, kue, rujak, dan lain sebagainya.

Buah nanas kaya nutrisi yang bagus untuk kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, nanas punya vitamin, serat, dan antioksidan untuk melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, mencegah inflamasi, meningkatkan imunitas tubuh, dan lain-lain. Nggak heran kalau buah ini laku di pasaran kan karena manfaatnya yang beragam.

Namun, buah nanas seringkali dijual masih dalam keadaan belum matang seutuhnya, lho. Bisa dilihat dari warna kulitnya yang masih hijau di bagian atas dan sedikit kekuningan di area bawah. Nah, bagian bawah yang kekuningan ini mempunyai rasa lebih manis dibanding bagian atas. Jika disimpan begitu saja dan ditunggu hingga matang tanpa tahu triknya, bagian bawah nanas bisa-bisa cepat membusuk, lho.

Makanya banyak orang memilih memanfaatkan karbit atau zat khusus pematang buah. Tetapi, untuk mematangkan nanas agar manisnya merata bisa pula dengan cara yang lebih alami tanpa bahan apapun. Cara ini sempat dibagikan oleh warganet lewat akun YouTube BERBUAH MANIS. Warganet tersebut diketahui berprofesi sebagai pedagang buah yang juga aktif membagikan aneka konten di media sosialnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya