Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas

Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas
Patut Dicoba Di Rumah. |

Kemudian, saat memotong, posisi tangan yang satu lagi harus diperhatikan saat memegang bahan makanan. Agar tidak ikut teriris, posisikan jari tengah di bagian depan dengan cara ditekuk. Sehingga, saat pisau bergerak memotong makanan, jari tengah berfungsi sebagai tameng agar tidak mengiris jari.

Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas

foto: YouTube/Joshua Weissman

Saat memotong, bisa gunakan gerakan apapun, tapi menurut Joshua Weissman, cara yang paling aman yakni dengan teknik rocking atau rolling chop. Teknik ini dilakukan dengan cara memposisikan ujung depan pisau di depan bahan makanan, kemudian gerakkan pisau dari atas ke bawah.

"The easiest and simplest way for ammateur is always gonna be the rocking cut (Cara paling mudah dan sederhana buat pemula sudah pasti teknik memotong rocking)," jelasnya.

Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas

foto: YouTube/Joshua Weissman

Untuk menggunakan pisau saat memotong makanan, pastinya semua pemula nggak langsung jago. Sehingga perlu banyak latihan agar semakin terbiasa dan mahir.

Video terkait cara menggunakan pisau ini pun sudah ditonton jutaan kali dan mendapat banyak respons menarik dari warganet.

"Best advice I was ever given in a restaurant was when the sous chef showed me as a dishwasher how to hold a knife and I hold it exactly the same way as you! Never thought one simple act would effect me so much years later because I never stopped and now I run a kitchen! Lol (Saran terbaik yang pernah aku dapat sebagai tukang cuci di restoran itu dari seorang chef soal cara pegang pisau dan persis sama seperti yang kamu jelaskan! Nggak pernah terpikirkan teknik sederhana sangat berpengaruh buat beberapa tahun ke depan karena aku masih bisa terus berkarier di bidang kuliner! Haha)," ujar YouTube/Tim S.

"Hey! First time watching one of your videos. Great work! Informative, love the character you bring to the video, and the editing is very smooth and not too much. As someone who just found out they enjoy to cook i look forward to your other videos. Thanks! (Hai! Pertama kali lihat videomu. Keren! Informatif, aku suka karakter yang kamu bawa di video, dan editannya halus tapi tidak berlebihdan. Sebagai orang yang suka banget masak, aku bakal nonton terus videomu. Makasih!)," ungkap YouTube/Echo1.

"Dude thank you so much for posting this video I've been struggling with my noob knife skill and this is exactly what I needed! (Bro makasih banyak sudah unggah video ini, aku selama ini kesulitan pakai pisau dan butuh banget teknik ini!)," kata YouTube/Sean Coogan fungi cultures.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya