Trik bersihkan noda kuning di pakaian putih, kinclong seperti baru

Trik bersihkan noda kuning di pakaian putih, kinclong seperti baru
TikTok/@itsyantinugraha

Brilio.net - Baju atau pakaian putih memang menjadi andalan bagi sebagian orang. Putih adalah warna netral yang cocok dan bisa masuk jika dipadukan dengan segala jenis outfit. Sayangnya, warna putih sangat rentan terhadap kotoran dan debu sehingga menimbulkan noda menempel.

Noda yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama dan dibiarkan begitu saja, akan merubah warna kain putih menjadi kuning. Jika sudah begitu, pastinya akan membuat tidak percaya diri lagi saat mengenakan pakaian putih.

Kamu tidak bisa mencucinya dengan menggunakan detergen seperti mencuci pakaian seperti biasanya, karena noda tidak akan menghilang. Namun begitu, jika kamu mengalami hal tersebut, jangan langsung membuang pakaian putihnya, ya. Karena ternyata ada trik mudah untuk mengembalikan warna putih yang sudah menguning.

Sebagai solusinya, kamu hanya perlu menyiapkan satu bahan dapuruntuk menghilangkan noda kuning tersebut. Bahan dapurnya tak lain adalah citric acid atau sitrun. Dengan menggunakan bahan dapur satu ini, kamu tak perlu mengeluarkan tenaga untuk menghilangkan noda yang membandel, lho.

Citric acid ini adalah asam organik lemah yang umumnya ditemukan pada daun ataupun buah tumbuhan genus citrus, beragam jenis buah jeruk. Nah, citric acid atau sitrun bisa dipakai untuk makanan dan minuman. Di dunia kuliner, citric acid bisa digunakan untuk penambah rasa atau penguat rasa makanan. Misalnya untuk pembuatan permen, minuman bersoda, dan keju. Citric acid atau asam sitrat pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan dan minuman secara alami, lho.

Trik bersihkan noda kuning di pakaian putih, kinclong seperti baru

foto: TikTok/@itsyantinugraha

Dilansir BrilioFood dari TikTok/@itsyantinugraha pada Minggu (9/10), langkah pertama dalah rebus air di panci terlebih dahulu. Pastikan kamu menggunakan takaran air yang banyak agar pakaian bisa terendam secara sempurna. Jika air sudah mendidih, masukkan deterjen secukupnya. Kemudian tambahkan satu sendok sitrun. Aduk rata, lalu matikan kompor.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya