Cara mengatasi karet kulkas longgar agar kembali rapat dan lentur, praktis tanpa dilepas

Cara mengatasi karet kulkas longgar agar kembali rapat dan lentur, praktis tanpa dilepas
YouTube/Bhoy Teknisi

Brilio.net - Karet kulkas merupakan salah satu komponen penting yang dapat membuat suhu di dalam kulkas lebih stabil. Karet kulkas ini biasanya melapisi pintu kulkas bagian dalam. Saat ditutup, magnet pada karet pintu akan membuatnya menempel kuat di bodi kulkas.

Seiring penggunaannya, karet kulkas pun semakin lama jadi longgar, lho. Hal ini disebabkan karena kondisi karet yang semula lentur jadi lebih kaku. Nah, jika sudah kaku, maka magnetnya tidak bisa menempel dengan maksimal.

Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada kulkas. Jika dibiarkan terlalu lama, suhu kulkas tidak bisa stabil dan justru meningkat. Hal ini terjadi karena termostat mendapatkan sinyal 'panas', sehingga kompresor bekerja ekstra untuk membuat kulkas terus dingin.

Nah, jika kompresor bekerja maksimal terus menerus, maka hal tersebut berpotensi membuatnya jadi jebol, sehingga timbul kerusakan lain pada komponen kulkas.

Kulkas LG memiliki teknologi terkini, dengan desain yang modern. Kulkas ini memiliki keunggulan dapat menjaga kesegaran lebih banyak makanan dengan listrik lebih hemat. Cek di bawah ini untuk mendapatkan kulkas LG terbaik.

Untuk mengatasi halnya, biasanya sebagian orang akan langsung mengganti karet pintu kulkas. Namun ada juga yang kemudian memperbaikinya dengan cara melepas karet dan merendamnya di air panas. Cara ini dipercaya bisa membuat karet yang semula kaku jadi kembali lunak.

Tapi alih-alih melepas dan memasang karet, sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya