Cara mengatasi karet kulkas longgar agar kembali rapat dan lentur

Cara mengatasi karet kulkas longgar agar kembali rapat dan lentur
TikTok/@diy_belajarbersama

Brilio.net - Kulkas sudah menjadi barang penting di setiap rumah. Lemari pendingin ini selalu diandalkan karena dapat menjaga kesegaran bahan makanan maupun minuman agar jadi lebih awet dan tahan lama. Tak heran jika kulkas cukup krusial penggunaannya, ya.

Namun seiring berjalannya waktu, kulkas yang sudah lama digunakan biasanya mengalami beberapa kerusakan. Salah satunya seperti pintu kulkas yang tidak bisa tertutup rapat. Apabila tak bisa ditutup rapat, dapat membuat udara dingin dari dalam keluar dan memungkinkan udara hangat justru masuk.

Karena bocornya suhu udara tersebut, kulkas jadi tidak bisa bekerja mendinginkan makanan secara maksimal. Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan penumpukan kondensasi di dalam kulkas dan membuat kompresor bekerja lebih keras. Hal ini kemudian akan berdampak pada penggunaan listrik karena jadi semakin boros.

Salah satu penyebab utama dari karet kulkas yang tidak rapat ini bisa disebabkan kondisi fisik karet sudah keras, dimakan usia. Kelenturan karet semakin berkurang sepanjang tahun. Sehingga lama kelamaan akan mengeras.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu buru-buru mengganti karet kulkas. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengembalikan kelenturan karet kulkas, lho. Dengan begitu pintu kulkas bisa kembali menutup rapat. Cara ini dijabarkan oleh pengguna TikTok/@diy_belajarbersama.

"buat sejuta emak2 yg masih banyak gak tahu klo karet kulkas/showcase yg tidak rapat bisa boros listrik, ini solusinya," terangnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@diy_belajarbersama pada Minggu (9/10).

Cara mengatasi karet kulkas longgar agar kembali rapat dan lentur

foto: TikTok/@diy_belajarbersama

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya