Cara mengolah adonan kue cucur, hasilnya empuk dan tetap berserat meski tanpa mixer

Cara mengolah adonan kue cucur, hasilnya empuk dan tetap berserat meski tanpa mixer
foto: YouTube/Fitria Safaaz

Brilio.net - Kalau kamu penggemar jajanan tradisional, tampaknya sudah sangat familiar dengan kue cucur. Kue satu ini sering ditemui di pasar tradisional maupun toko camilan dan roti. Cucur sendiri dikenal terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras, sehingga teksturnya sedikit kenyal saat dikunyah.

Di samping itu, kue cucur pun identik dengan penggunaan gula merah atau aren di adonannya, sehingga tak hanya punya rasa manis, tapi juga gurih yang nikmat di lidah. Di samping pakai gula merah atau aren, kue cucur pun bisa dikreasikan pula pakai bahan dan warna lainnya agar penampilan dan rasanya semakin unik lagi.

Kue cucur pun terkenal akan tekstur berserat di bagian dalam kuenya setelah digoreng. Untuk mengolah kue cucur jadi berserat ini, memang dibutuhkan trik dan kesabaran selama mempelajarinya. Sebab, masih banyak yang gagal untuk membuatnya, sehingga hasilnya kurang empuk dan tak berserat.

Salah satu proses penting dalam membuat kue cucur ada pada pembuatan adonannya. Nah, seringkali untuk membuat adonan kue cucur, dibutuhkan mixer untuk mengaduk adonan agar teksturnya pas dan tidak memakan waktu lama. Tetapi, ada trik pengolahan adonan kue cucur lain yang tanpa membutuhkan mixer sama sekali oleh warganet bernama Fitria, nih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya