Cara mudah bersihkan cetakan waffle listrik, tak perlu pakai sabun

Cara mudah bersihkan cetakan waffle listrik, tak perlu pakai sabun
Meski tanpa sabun, namun cara tersebut bisa bikin cetakan waffle jadi lebih bersih. |

Agar lebih aman, kamu bisa meniru cara membersihkan cetakan waffle listrik yang dibagikan oleh warganet bernama Erica. Melalui akun TikTok/@cookiterica, Erica mengunggah video tutorial tentang cara membersihkan cetakan waffle tanpa sabun. Walau tak menggunakan sabun, namun cara tersebut bisa bikin cetakan waffle jadi lebih bersih, lho.

Cara mudah bersihkan cetakan waffle listrik, tak perlu pakai sabun

foto: TikTok/@cookiterica

Dilansir BrilioFood pada Jumat (18/11), setelah cetakan digunakan, cukup tuang sedikit air hingga memenuhi setiap rongga pada cetakan tersebut. Lalu panaskan cetakan seperti memasak waffle biasa.

Biarkan air dalam cetakan tersebut panas dan mendidih. Dan pastikan air yang digunakan jangan terlalu banyak agar saat mendidih, air tidak tumpah dan berpotensi mengenai bagian mesinnya.

Cara mudah bersihkan cetakan waffle listrik, tak perlu pakai sabun

foto: TikTok/@cookiterica

Jika air sudah mendidih, buka cetakan waffle dan buang airnya. Kemudian segera bersihkan sisa kotoran yang masih menempel dengan cara dilap menggunakan spatula yang telah dilapisi tisu dapur.

Permukaan spatula yang tipis bisa membantu menjangkau kotoran yang terdapat di setiap rongga cetakan tersebut. Spatula sendiri memang bisa jadi media yang tepat saat membersihkan sisa kotoran di cetakan.

Hal ini supaya tangan tidak bersentuhan langsung dengan permukaan cetakan yang notabene masih panas. Namun tetap pastikan juga spatula yang digunakan tahan panas agar tidak meleleh. Dengan begitu, sisa kotoran pada cetakan pun akan dengan mudah menempel di tisu dapur tersebut.

Cara mudah bersihkan cetakan waffle listrik, tak perlu pakai sabun

foto: TikTok/@cookiterica

Ditonton lebih dari 133 ribu kali, video milik TikTok/@cookiterica tersebut rupanya turut menarik perhatian pengguna TikTok lain. Hal ini terbukti dari ratusan warganet yang ikut membanjiri kolom komentar video tersebut.

@cookiterica DID YOU KNOW THIS HACK??? #WhatILearned #Hyperfixated #Howto #dash #wafflemaker #cleaninghack Intro - The xx

"Yea, girl, I’m pretty sure I destroyed my dash the first time I used it! Still got stuff I can’t get off of it:( (Yah, aku pernah merusak bagian mesinnya saat pertama kali pakai, bahkan meskipun sudah dibersikan, masih ada kotorean yang menempel)," kata TikTok/@kjclay3.

"Could have used this after I made my "salt lick". Such a mess!! (aku harus terapkan ini setelah sebelumnya pernah pakai garam, tapi malah berantakan)," ungkap TikTok/@karebear524.

"love it! And thank you. My dash is sitting here a mess since lunch and I’ve been putting off cleaning the dern thing (suka sekali dan terima kasih. Cetakanku masih kotor sejak makan siang dan aku menunda membersihkannya)," papar TikTok/@newkirkskitchen.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya