Cara simpel menyimpan susu kental manis ini bikin teksturnya nggak berubah

Cara simpel menyimpan susu kental manis ini bikin teksturnya nggak berubah
Pastikan tutup kaleng bersih dan bebas debu |

Susu kental manis yang sudah dibuka, tidak bisa diletakkan begitu saja di dalam kulkas. Suhu dingin dalam kulkas rupanya bisa membuat tekstur susu kental manis berubah jadi lebih kaku. Oleh karena itu, pengguna YouTube Mom Silinsimo menyimpan susu kental manis kaleng dengan cara lain.

Dilansir BrilioFood dari akun YouTube Mom Silinsimo, Rabu (18/1), pertama-tama, pastikan tutup kaleng bersih dan bebas debu. Setelah itu, buka tutup kaleng susu kental manis. Kamu bisa membukanya dengan pisau atau alat pembuka kaleng pada umumnya.

Cara simpel menyimpan susu kental manis ini bikin teksturnya nggak berubah

foto: YouTube/Mom Silinsimo

Kemudian, tuang susu kental manis ke dalam wadah plastik yang sudah disiapkan. Tutup wadah supaya kedap udara dan bebas bakteri. Kamu bisa menggunakan wadah atau botol yang bagian tutupnya terdapat corong supaya susu kental manis lebih mudah dikeluarkan nantinya.

Cara simpel menyimpan susu kental manis ini bikin teksturnya nggak berubah

foto: YouTube/Mom Silinsimo

Nah, barulah simpan di dalam kulkas. Dalam video tersebut, pengguna YouTube Mom Silinsimo turut menjelaskan lebih lanjut alasan susu kental manis sebaiknya dipindahkan ke dalam wadah.

"Kenapa harus dipindahkan setelah dibuka? Menurut saya karena nanti supaya memudahkan saat menggunakannya, terutama saat mau disimpan di kulkas, karena nanti SKM (susu kental manis) jadi kental banget," terang YouTube Mom Silinsimo lebih lanjut.

Nah, selain itu, peletakan tempat di kulkas juga perlu diperhatikan. Menurut YouTube Mom Silinsimo, susu kental manis sebaiknya jangan disimpan di tempat yang dekat freezer agar tidak beku dan teksturnya berubah. Hal ini turut dijelaskan YouTube Mom Silinsimo ketika ada seorang warganet yang bertanya.

"Kalau di taro di kulkas sering beku padahal enggak di freser nyimpennya gimana cara mengatasinya kalau sampai beku seperti itu?" tanya YouTube Qolbu Universe.

"Jangan terlalu ke atas menyimpannya, bisa juga karena seting suhunya terlalu dingin," terang YouTube Mom Silinsimo.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya