5 Cara membuat susu oat rumahan, simpel dan gampang ditiru

5 Cara membuat susu oat rumahan, simpel dan gampang ditiru
TikTok/@robin.poole

Brilio.net - Mengikuti perkembangan zaman, aneka olahan makanan dan minuman pun semakin banyak jenisnya. Sebut saja susu, jenisnya beragam tak hanya ada susu hewani, tapi juga nabati. Nah, olahan susu nabatiini biasanya dipilih oleh orang yang punya alergi dengan susu hewani.

Selain itu, susu dari tumbuhan atau kerap disebut plant based ini juga nggak kalah tinggi nutrisi dibanding susu hewani, lho. Bahkan, disebut-sebut rendah lemak, bebas kolesterol, dan minim lemak jenuh. Kamu pasti sudah sering familiar dengan susu kedelai, almond, coconut milk, oat, dan lain-lain.

Dari sekian banyak susu, seringkali susu oat dipilih untuk jadi menu diet. Baik dikonsumsi langsung maupun sebagai campuran smoothies. Dilansir dari trueyouweightloss.com, susu oat cocok untuk diet karena protein dan seratnya lumayan tinggi.

Namun, sebaiknya perhatikan komposisi susu oat agar tetap rendah gula dan sodium, sehingga tetap aman untuk kesehatan. Nah, kamu pun bisa bikin susu oat sendiri di rumah supaya dapat mengatur bahan-bahan yang digunakan, lho. Salah seorang warganet di TikTok bernama Robin punya cara bikin susu oat, nih.

Selain pakai blender, dibutuhkan pula alat atau kain penyaring untuk membuat susu oat. Robin pun menjelaskan, jika tak memiliki penyaring khusus, bisa menggunakan saringan biasa yang rongganya kecil maupun kaus yang sudah tak digunakan lagi.

"You can use an old shirt or a mesh strainer. The only thing about the strainer is that you will have little pieces of oat at the bottom (Kamu bisa gunakan kaus lama atau alat penyaring biasa. Kalau pakai saringan biasa memang nantinya masih menyisakan sisa butiran oat di dasar susu)," jelasnya dikutip dari TikTok/@robin.poole.

Intip cara membuat susu oat ini, yuk. Berikut lima cara membuat susu oat rumahan yang simpel dan gampang ditiru, dilansir BrilioFood dari TikTok/@robin.poole pada Kamis (10/11).

Bahan yang dibutuhkan:
- Oat
- Air matang
- Gula dan ekstrak vanila

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya