Cukup tambah satu bahan dapur, ini cara menyimpan tauge supaya tak menghitam sampai 1 minggu

Cukup tambah satu bahan dapur, ini cara menyimpan tauge supaya tak menghitam sampai 1 minggu
pixabay.com

Brilio.net - Meskipun bentuknya kecil, namun sayur tauge punya banyak sekali manfaat. Dilansir dari greatist.com, sayur yang punya nama lain kecambah ini punya kandungan vitamin esensial, mineral, dan antioksidan. Seluruh nutrisi tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan sel tubuh, dan mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Untuk mendapat manfaat tersebut, sebagian besar orang mengonsumsi tauge langsung dalam bentuk mentah atau sudah direbus. Biasanya tauge yang dijadikan campuran untuk menu sayur atau lauk rumahan pun terbilang sederhana. Selain menambah nutrisi pada masakan, tauge juga dapat meningkatkan cita rasanya.

Di balik kelebihan tersebut, tauge justru jadi sayuran yang sulit bertahan lama. Dalam waktu 2-3 hari saja, tauge bisa basi, lho. Hal ini ditandai dengan tekstur tauge yang sudah tidak renyah, layu, dan apek.

Tapi tidak hanya itu, tanda lain dari tauge yang sudah basi adalah warnanya berubah kehitaman. Jika sudah menghitam, tauge bisa dikatakan tidak layak konsumsi. Alhasil, banyak orang membuang tauge secara percuma.

Untuk mencegah hal tersebut, memang ada baiknya menyimpan tauge dengan cara yang benar. Salah satu pengguna TikTok dengan akun @maherarobottrade pernah membagikan video tentang cara simpan tauge yang bisa dilakukan. Tidak hanya itu, dia juga membeberkan rahasia agar tauge tak cepat menghitam, lho.

"So, saya pegi semalam dan memang dah hitam-hitam, tapi saya guna tips ni, jadi putih," kata TikTok @maherarobottrade dikutip BrilioFood pada Selasa (28/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya