Cuma modal 1 jenis buah, ini trik merawat pohon jeruk purut agar buahnya banyak dan berukuran besar

Cuma modal 1 jenis buah, ini trik merawat pohon jeruk purut agar buahnya banyak dan berukuran besar
foto: YouTube/ORGANIC NATURE

Brilio.net - Jeruk purut atau citrus hystrix adalah buah tropis yang ada di berbagai belahan negara Asia, termasuk di Indonesia. Bahan makanan satu ini biasanya digunakan sebagai pelengkap berbagai hidangan berat, seperti soto, bakso, hingga gulai.

Nggak cuma bisa menambahkan rasa segar dan lezat pada makanan, jeruk purut juga kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Dilansir dari webmd.com, jika dikonsumsi rutin, kandungan dalam jeruk purut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, hingga meredakan stres, lho.

Karena bisa digunakan di berbagai hidangan dan kaya manfaat, nggak heran jika banyak orang sengaja menyetok jeruk purut di rumah. Sayangnya, terkadang jeruk purut justru mengerut dan mengering saat disimpan.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba menanam sendiri pohon jeruk purut di rumah. Dengan menanamnya sendiri, kamu bisa memetik buah jeruk purut sewaktu-waktu saat diinginkan.

Menanam pohon jeruk purut juga terbilang mudah. Tinggal tanam benih jeruk purut di media tanam lalu siram air secara rutin. Dengan cara ini, pohon jeruk purut akan tumbuh dengan sendirinya.

Namun, agar hasil buahnya lebih maksimal, kamu bisa memberikan pupuk secara rutin ke pohon jeruk purut. Nggak melulu pakai bahan kimia, karena pupuk pohon jeruk purut bisa dibuat dari satu jenis buah. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube ORGANIC NATURE.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya