Trik mengatasi pohon jeruk purut yang daunnya menguning agar kembali hijau pakai 1 ampas dapur

Trik mengatasi pohon jeruk purut yang daunnya menguning agar kembali hijau pakai 1 ampas dapur
foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Brilio.net - Daun jeruk yang kerap digunakan untuk memasak pada dasarnya berasal dari jenis jeruk purut. Tanaman jeruk purut ini memiliki daun berbentuk angka 8 dengan aroma yang lebih wangi. Hal ini lantas membuat daun dari pohon jeruk purut sering dimanfaatkan untuk menyedapkan berbagai macam masakan.

Bagi kamu yang kerap menggunakan daun jeruk untuk memasak, menanam pohonnya sendiri bisa menjadi pilihan tepat, lho. Selain bikin lebih hemat, kamu juga bisa menggunakan daun jeruk dalam kondisi yang selalu segar.

Pada dasarnya, pohon jeruk purut ini tidak memerlukan lahan luas untuk bisa tumbuh. Bahkan dalam pot atau polybag sekalipun, pohon jeruk purut bisa tumbuh subur. Namun meskipun bisa tumbuh dengan mudah, pohon jeruk purut ini juga tetap butuh perawatan, lho. Jika tidak, akan ada masalah seperti hama yang membuat daunnya menguning. Padahal daun pohon jeruk purut yang kuning jadi nggak layak digunakan karena kurang harum dan tak segar.

Selain terkena hama, sebenarnya daun yang kuning juga bisa disebabkan oleh hal lain. Seorang pengguna YouTube GRIYA NANDA PUTRA pernah menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia pun mengeluhkan masalah yang sama terjadi pada pohon jeruk purutnya.

"Tanaman jeruk purut ini sempat saya tinggal. Dan karena sedang hujan terus, nggak saya lakukan perawatan apapun. Tetapi kemarin itu sempat mengalami daun yang kuning," terangnya dikutip BrilioFood dari YouTube GRIYA NANDA PUTRA, Rabu (6/12).

Usut punya usut, faktor cuaca seperti hujan berlebih juga bisa membuat daun pada pohon jeruk purut jadi menguning. Pada dasarnya, hujan membuat akar tanaman jadi membusuk. Jika sudah begitu, akan sulit bagi tanaman untuk menyerap nutrisi dan menyalurkannya ke batang dan bagian pohon lain. Karena kurangnya nutrisi tersebut, daun pada pohon jeruk purut jadi kuning.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya