Tanpa micin atau cangkang telur, ini cara lebatkan pohon jeruk purut agar daunnya lebar dan bebas hama

Tanpa micin atau cangkang telur, ini cara lebatkan pohon jeruk purut agar daunnya lebar dan bebas hama
YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Brilio.net - Buat kamu yang suka masak, pasti sering pakai daun jeruk. Karena daun satu ini tak hanya bisa menambahkan citarasa lezat, tapi juga membuat aroma masakan jadi lebih sedap.

Jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan daun jeruk, menanam pohonnya sendiri bisa jadi cara untuk menghemat. Baik waktu maupun keuangan. Tak perlu repot beli dan mengeluarkan uang lagi.

Terlebih karena daun jeruk termasuk rempah yang mudah sekali kering, tentu sangat disayangkan jika kamu telanjur membelinya dalam jumlah banyak namun tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu menanamnya sendiri agar selalu bisa menggunakan daun jeruk dalam kondisi segar.

Pada dasarnya, daun jeruk yang dipakai memasak ini berasal dari pohon jeruk purut. Nah, pohon jeruk purut ini cenderung mudah tumbuh di lahan sempit seperti pot atau polybag. Selain itu, pohonnya juga tumbuh dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi, sehingga kamu akan lebih mudah memanen daunnya.

Namun jika ingin pohon tersebut bisa menumbuhkan daun yang lebat, ada proses perawatan khusus, nih. Hal ini meliputi pemberian pupuk yang baik. Selain menggunakan pupuk kimia, sebagian orang juga memberikan micin dan cangkang telur sebagai pupuk organik.

Pupuk dari micin dan cangkang telur memang sangat ampuh, bahkan bisa membuat daunnya semakin lebar. Namun jika ingin daun pada pohon jeruk purut semakin rimbun dan bebas hama, ada bahan lain yang dapat kamu gunakan. Seorang pengguna YouTube GRIYA NANDA PUTRA pun pernah membeberkan lebih lanjut bahan yang digunakan.

"Sampai saat ini saya belum pernah menemukan hama ulat, dan (hama) yang lainnya. Ini pertumbuhannya juga cukup cepat. Saya hanya menggunakan apa yang ada di rumah untuk pertumbuhan pohon jeruk purut ini," terang YouTube GRIYA NANDA PUTRA.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya