Tanpa kulkas, ini trik menyimpan daun jeruk agar tetap hijau dan aromanya sedap hingga 2 bulan

Tanpa kulkas, ini trik menyimpan daun jeruk agar tetap hijau dan aromanya sedap hingga 2 bulan
YouTube/dalem nJero

Brilio.net - Daun jeruk merupakan salah satu rempah yang kerap dipakai untuk bumbu masak. Aroma citrus pada daun jeruk memang cenderung menyengat, sehingga bisa membuat masakan jadi semakin sedap. Karena aroma tersebut juga, daun jeruk sering diandalkan untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan tertentu, seperti daging sapi atau ayam.

Karena sering dipakai untuk memasak, banyak orang kemudian menyimpan daun jeruk sebagai stok bumbu di dapur. Sayangnya, menyimpan daun jeruk ini menjadi PR tersendiri. Bukan tanpa sebab, daun jeruk yang disimpan dengan sembarangan mudah membusuk dan berjamur. Jika sudah begitu, tentu aromanya akan berkurang, sehingga tak layak digunakan kembali untuk campuran masakan.

Supaya daun jeruk yang disimpan tak cepat busuk, sebagian orang biasanya akan menyimpannya di kulkas. Bahkan ada juga yang menyimpan daun jeruk di freezer agar tetap awet dalam waktu lebih lama. Namun begitu, menyimpan daun jeruk di freezer ini malah membuat kandungan minyak atsirinya (aroma harum) berkurang.

Pada dasarnya, ada metode lain yang lebih aman untuk menyimpan daun jeruk. Metode ini pun lebih ampuh untuk mempertahankan aroma sedap pada daun jeruk. Selain itu, warna daun juga akan tetap hijau segar dalam waktu yang sangat lama.

Trik menyimpan daun jeruk tersebut pernah dibagikan oleh pengguna YouTube dalem nJero. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak meletakkannya di kulkas atau freezer. Meskipun begitu, daun jeruk yang disimpan bisa tetap awet sedap hingga 2 bulan lamanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya