Cukup pakai 2 alat sederhana, ini trik agar nasi tak kering dan berkerak meski seharian di rice cooker

Cukup pakai 2 alat sederhana, ini trik agar nasi tak kering dan berkerak meski seharian di rice cooker
TikTok/@metaliarestiamin

Brilio.net - Mengonsumsi nasi sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia. Memang sebagian besar masyarakat menganggap bahwa nasi merupakan makanan pokok yang sangat penting karena kandungan karbohidrat yang dimilikinya. Nah, karbohidrat tersebut bisa membantu menghasilkan energi pada tubuh yang kemudian digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya, nasi yang dikonsumsi setiap hari ini biasanya ditanak dalam rice cooker. Perabot elektronik satu ini kini sudah sering diandalkan untuk menanak nasi. Selain lebih praktis dan cepat, nasi yang dihasilkan juga cenderung pulen dan matang sempurna.

Namun pada dasarnya, rice cooker ini nggak cuma digunakan untuk menanak nasi, lho. Banyak orang memilih menyimpan nasi di dalam perabot elektronik tersebut. Bukan tanpa sebab, rice cooker dipercaya bisa membuat nasi tetap hangat dan bisa disantap sewaktu-waktu. Nggak cuma itu, nasi yang disimpan juga jadi bebas debu dan hama.

Sayangnya, menyimpan nasi di rice cooker juga bisa menimbulkan risiko tersendiri, lho. Biasanya nasi jadi cepat basi, kuning, atau bahkan kering. Hal ini disebabkan karena dinding panci rice cooker selalu dalam kondisipanas membuat butiran nasi menempel dan jadi kerak. Jika sudah begitu, nasi jadi kering dan kurang lezat dikonsumsi.

Kondisi panci yang penuh kerak nasi juga jadi sulit dibersihkan, lho. Kamu tidak bisa menggosoknya secara paksa karena dapat membuat permukaan panci tergores. Tentu hal tersebut bisa membuat panci rice cooker jadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Tapi tak perlu khawatir, sebenarnya ada sebuah trik khusus untuk menghindari hal tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @metaliarestiamin. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua alat sederhana untuk mencegah nasi kering dan berkerak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya