Tak perlu direndam air, ini cara menyimpan daun jeruk agar tetap hijau dan tak kering hingga 3 bulan

Tak perlu direndam air, ini cara menyimpan daun jeruk agar tetap hijau dan tak kering hingga 3 bulan
TikTok/@zetty.h ; TikTok/@pasarsegar.co.id

Brilio.net - Daun jeruk sering dipakai untuk memasak menu rumahan hingga modern. Aroma citrus dari daun jeruk terasa sedap, bikin masakan jadi semakin nikmat. Nggak heran kalau stok daun jeruk harus selalu ada di rumah.

Jika menyetoknya dalam jumlah banyak, kamu bisa menggunakan daun jeruk ini sewaktu-waktu. Namun kamu perlu memerhatikan cara menyimpan rempah daun satu ini. Pasalnya, daun jeruk termasuk rempah yang mudah sekali layu. Dalam hitungan hari saja, daun jeruk bisa berubah hitam dan kering.

Bahkan sekalipun daun jeruk disimpan dalam kulkas, proses pembusukannya bisa lebih cepat. Suhu kulkas yang dingin akan membuat daun jeruk jadi kering dalam hitungan hari. Nah, daun jeruk yang kering tidak bisa mengeluarkan aroma sedap saat dipakai memasak.

Supaya daun jeruk tidak cepat kering, sebagian orang akan menggunakan metode penyimpanan khusus. Salah satunya adalah dengan menyimpan daun jeruk dalam toples berisi air. Merendam daun jeruk dalam air ini dinilai dapat menjaga kesegarannya lebih lama.

Namun jika menerapkan metode tersebut, kamu harus mengganti air rendaman secara berkala. Karena jika tidak, daun jeruk bisa tetap membusuk dan layu.

Padahal tahu nggak sih, ada metode lain yang lebih praktis agar daun jeruk lebih tahan lama disimpan. Seorang pengguna TikTok @zetty.h pernah membagikan cara sederhana untuk menyimpan daun jeruk.

Dengan cara tersebut, daun jeruk bisa awet hingga 3 bulan lamanya, lho. Dan meskipun sudah disimpan lama, daun jeruk tetap segar, hijau, dan tak mengering. Dengan begitu, daun jeruk tetap bisa mengeluarkan aroma sedap saat dipakai memasak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya