Cuma pakai 1 ampas dapur, trik basmi noda minyak di kompor ala emak-emak ini ampuh bikin kesat

Cuma pakai 1 ampas dapur, trik basmi noda minyak di kompor ala emak-emak ini ampuh bikin kesat
Instagram/@mamiemanda

Brilio.net - Noda minyak yang menempel di kompor seringkali menjadi masalah yang dialami banyak orang. Noda tersebut biasanya terbentuk akibat percikan minyak saat memasak yang mengering dan menempel pada permukaan kompor. Selain membuat dapur terlihat kotor, noda minyak yang tertinggal juga dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan menjadi sumber aroma tidak sedap.

Nah, salah satu cara efektif untuk membasmi noda minyak ini yaitu dengan membersihkan kompor secara rutin setiap selesai memasak. Selain itu, penggunaan bahan pembersih yang tepat juga bisa solusi agar kompor kembali kinclong. Biasanya banyak orang menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan noda minyak di kompor agar kembali kesat.

Namun dalam beberapa kasus, penggunaan sabun cuci piring ini dinilai cukup merepotkan. Karena teksturnya yang licin dan sangat berbusa, kompor harus dibilas dengan air untuk menghilangkan sisa busa di permukaannya. Nah, pembersihan seperti ini kerap bikin area dapur juga jadi basah atau justru berantakan.

Lantas untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh emak-emak bernama Manda dalam membasmi noda minyak di kompor. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan ampas dapur saat membersihkan kompor. Nah, ampas dapur ini diolah jadi cairan pembersih yang bisa bikin kompor jadi kesat, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya