15 Cara membersihkan karat pada kompor, mudah pakai bahan rumahan

15 Cara membersihkan karat pada kompor, mudah pakai bahan rumahan
foto: YouTube/Rudi Albughury

Brilio.net - Kompor jadi salah satu peralatan dapur yang cukup sering digunakan. Perabot satu ini kerap dipakai untuk memasak berbagai hidangan. Karena dipakai hampir setiap hari, kompor jadi rentan kotor dan terkena noda. Kotoran tersebut kebanyakan berasal dari tumpahan makanan yang jatuh ke tungku.

Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan menempel dan lama-kelamaan berubah jadi kerak tebal. Bahkan kerak tersebut juga bisa menimbulkan karat pada kompor, lho. Kalau sudah begini, kompor sulit dibersihkan meski sudah disikat pakai sabun.

Alhasil banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan noda kerak dan karat tersebut, salah satunya dengan menggunakan bahan tambahan. Bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan karat pada kompor, seperti sitrun, sabun cuci piring, baking soda, hingga cuka.

Lantas seperti apa cara membersihkannya? Yuk, simak rangkuman BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (1/4), 15 cara membersihkan karat pada kompor.

1. Karat dan kerak di tungku kompor dibersihkan pakai baking soda, air jeruk nipis, dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan karat pada kompor, mudah pakai bahan rumahan

foto: YouTube/Rudi Albughury

Ada trik khusus yang membuat tungku kompor semakin mudah dibersihkan tanpa perlu direndam air panas. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Rudi Albughury melalui salah satu video yang diunggah.

Mulanya dia menampilkan kondisi tungku kompor yang sangat hitam dan berkerak. Di beberapa sisinya bahkan muncul jamur putih yang membuat tampilan tungku kompor semakin kotor. Usut punya usut, kondisi ini disebabkan karena tungku kompor jarang sekali dibersihkan.

Lantas untuk membasmi kerak yang telanjur tebal tersebut, dia menggunakan tiga bahan dapur, yakni baking soda, air jeruk nipis, dan sabun cuci piring. Nah, sedangkan untuk alat yang digunakan, dia menggunakan sikat gigi bekas, lap dapur, dan koran bekas. Koran ini digunakan untuk mengangkat kerak-kerak kering di permukaan kompor.

Cara pakainya, cukup ambil selembar koran. Lalu remas secukupnya saja. Jika sudah, gosok-gosok noda kerak di permukaan tungku kompor menggunakan koran tadi. Permukaan koran yang kasar akan membuat kerak kering di tungku kompor jadi luruh saat digosok. Lakukan proses ini sampai dirasa keraknya sudah banyak berkurang.

Selanjutnya, racik bahan pembersihnya. Dalam mangkuk, masukkan 2 sdm baking soda, 2 sdm sabun cuci piring, dan air perasan jeruk nipis. Nah, aduk-aduk semua bahan ini hingga rata.

Tahap selanjutnya, oleskan cairan tadi ke permukaan tungku kompor yang berkerak. Sembari dioles, gosok-gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan proses menggosok ini sampai keraknya benar-benar hilang dan bersih.

Setelah dibersihkan, rendam tungku dalam air bersih. Atau kamu juga bisa langsung membilasnya begitu saja di bawah air mengalir. Jika sudah, lap tungku kompor menggunakan kain kering. Dengan begitu, tungku kompor akan tampak semakin bersih dan kinclong seperti baru lagi.

2. Dibersihkan pakai cairan pembersih kamar mandi dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan karat pada kompor, mudah pakai bahan rumahan

foto: YouTube/Darmawan Geranting

Salah seorang warganet bernama Darmawan sempat membagikan cara membersihkan burner kompor lewat unggahan di akun YouTube pribadinya. Selain biar bersih, cara ini juga membantu kerja burner kompor tetap baik dalam jangka waktu lama. Menurutnya, cara membersihkan burner juga dapat diterapkan setiap dua atau tiga bulan sekali agar kompor dapat awet selama belasan tahun.

Lepas dulu burner dari kompor, pastikan sudah dalam keadaan terlepas dari saluran gasnya agar tetap aman. Kemudian masukkan burner ke wadah. Rendam menggunakan cairan pembersih kamar mandi selama kurang lebih tiga sampai lima menit.

Nah, cairan pembersih kamar mandi inilah yang jadi salah satu bahan untuk membantu meluruhkan noda gosong dan karat yang menempel kuat pada burner kompor. Selagi menunggu, dapat siapkan sarung tangan biar tangan nggak mudah iritasi saat membersihkan burner nantinya.

Setelah itu, tambahkan satu bahan pembersih lagi, yaitu sabun cuci piring. Teteskan sedikit sabun cuci piring ke burner. Sabun cuci piring ini digunakan untuk menghasilkan busa selagi burner kompor dibersihkan. Busa dari sabun cuci piring ini membantu proses pembersihan jadi lebih efektif, lho.

Gosok burner menggunakan sabut cuci piring atau sikat cuci baju. Semakin lama proses menyikat dilakukan, noda karat dan kehitaman pada burner akan semakin hilang. Jika dirasa sudah cukup bersih, burner bisa dibilas menggunakan air bersih.

Menurut Darmawan, burner miliknya memang tak benar-benar kinclong. Bisa jadi karena ia kurang lama menyikatnya. Tetapi dibanding kondisi burner sebelumnya, usai dibersihkan jadi jauh lebih kinclong dan tidak ada karat tersumbat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya