10 Cara mengatasi kompor gas tidak menyala, praktis dan mudah ditiru

10 Cara mengatasi kompor gas tidak menyala, praktis dan mudah ditiru
Facebook/Creator Kampung

Brilio.net - Saat memasak, tak jarang banyak orang mengalami kendala karena gas elpiji mampet. Gas pun tidak bisa mengalir ke kompor dan api akhirnya tak bisa menyala. Padahal tabung gas masih dalam kondisi penuh atau baru diganti.

Rupanya, ada banyak faktor yang menyebabkan kompor tidak mau menyala. Salah satunya adalah karena adanya sumbatan pada regulator. Sumbatan tersebut bisa disebabkan karena lubang regulatornya kotor. Nah untuk mengatasinya, banyak yang mencoba membersihkannya dengan lidi, cotton bud, dan mengetuk-ngetuk regulator dengan bantuan pisau atau obeng.

Cara tersebut dipercaya dapat mengatasi aliran gas yang mampet, sehingga kompor bisa kembali menyala.

Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (27/3), 15 cara mengatasi kompor gas tidak menyala.

1. Masukkan lidi ke lubang spuyer kompor gas.

10 Cara mengatasi kompor gas tidak menyala, praktis dan mudah ditiru

foto: Facebook/Creator Kampung

Ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kompor tidak mau menyala, lho. Cara tersebut sempat ditunjukkan oleh pengguna Facebook Creator Kampung. Pria satu ini memperlihatkan kondisi kompornya. Meski knop kompor sudah diputar berulang kali, api kompor tetap susah menyala.

Caranya, lepaskan terlebih dahulu bagian tungku kompor. Kalau sudah, cari bagian spuyer kompor gas. Bagian ini terletak di area bawah, bentuknya seperti saluran kecil. Usut punya usut, spuyer berfungsi mengatur besar kecilnya aliran gas pada kompor.

Saat api kompor tak mau menyala, bisa jadi disebabkan karena aliran spuyer yang tersumbat kotoran. Alhasil, aliran gas jadi tak keluar maksimal bahkan tersumbat.

Oleh karena itu, pria ini langsung mengandalkan satu alat sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Tampak dalam unggahan video, satu alat yang dimaksud adalah sebatang lidi.

Proses selanjutnya, tinggal colokkan lidi tersebut ke lubang spuyer kompor gas. Lakukan secara perlahan hingga dirasa tidak ada lagi kotoran yang menyumbat.

Setelah dicolok lidi, coba nyalakan ulang kompor. Putar bagian knop kompor seperti biasa. Nah, api kompor pun berhasil nyala, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya