Cuma pakai 1 bumbu dapur, ini trik agar tanaman cabai lebih subur dan berbuah lebat

Cuma pakai 1 bumbu dapur, ini trik agar tanaman cabai lebih subur dan berbuah lebat
YouTube/BALI ISLAND ORGANIC FARM TV ; TikTok/@j.pabbicara

Brilio.net - Cabai termasuk salah satu bahan penting untuk membuat berbagai macam masakan. Oleh sebab itu, banyak orang kerap membeli cabai dalam jumlah besar. Namun selain beli, ada juga yang menanam cabai di halaman rumah agar bisa dipetik sewaktu-waktu sekaligus dijadikan stok.

Menanam cabai memang cenderung mudah dilakukan. Bahkan dengan lahan yang sempit, jenis tanaman ini bisa tumbuh dan berbuah. Tak hanya bisa dimanfaatkan hasil buahnya, tanaman ini juga dapat membuat halaman rumah jadi semakin asri dan hijau. Oleh sebab itu, banyak orang menanam cabai sendiri di rumah.

Saat menanam cabai, siapa saja pasti ingin mendapat hasil cabai yang melimpah dan berkualitas. Namun, banyak orang yang justru tidak mendapat hasil sesuai ekspektasi, lho. Karena alih-alih berbuah lebat, tanaman cabai justru rusak atau cepat layu hingga mati.

Memang pada dasarnya, ada banyak masalah yang kerap muncul saat menanam cabai. Salah satu yang sering terjadi adalah kerusakan akibat daun yang keriting atau mengerut. Biasanya tanaman cabai yang berdaun keriting ini tidak bisa menumbuhkan banyak buah. Hal ini pernah dijelaskan oleh seorang petani organik dalam channel YouTube BALI ISLAND ORGANIC FARM TV.

"Daun yang mengerut seperti ini tidak akan mampu melakukan fotosintesis secara sempurna, sehingga tanaman tidak dapat memasak makanannya sendiri. Dan ini akan menyebabkan akar tidak sehat dan maksimal dalam menyerap nutrisi. Ini seperti lingkaran setan, saling memengaruhi. Dan pada akhirnya yang paling merana adalah tanaman itu sendiri, karena akan kerdil atau bahkan mati," terangnya, dikutip BrilioFood dari channel YouTube BALI ISLAND ORGANIC FARM TV pada Selasa (31/10).

Cuma pakai 1 bumbu dapur, ini trik agar tanaman cabai lebih subur dan berbuah lebat

foto: YouTube/BALI ISLAND ORGANIC FARM TV

Kondisi daun dan akar yang tidak bekerja maksimal tentu akan berpengaruh pada buahnya. Karena gagal tumbuh, maka tanaman tersebut juga tidak akan berbuah. Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kekurangan air, kurang perawatan, atau bahkan terkena hama kutu putih.

Lantas karena dianggap tak bisa tumbuh, banyak orang kemudian memilih mencabut tanaman cabai tersebut. Padahal sebenarnya tanaman cabai ini bisa dikembalikan kesuburannya dengan cara dan bahan khusus, lho. Bukan dengan pupuk, trik agar tanaman cabai kembali subur adalah dengan mengandalkan satu bumbu dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya