Cuma pakai bahan dapur, begini trik mengusir kutu pada kacang hijau

Cuma pakai bahan dapur, begini trik mengusir kutu pada kacang hijau
YouTube/Oky Oky

Brilio.net - Kacang hijau termasuk jenis kacang-kacangan yang kerap diolah jadi aneka hidangan. Umumnya olahan kacang hijau ini dijadikan dessert maupun camilan, lho. Atau bisa juga dipakai untuk isian dan topping makanan, misalnya pada bolu, bakpia, dan mochi.

Di balik rasanya yang enak, kacang hijau mengandung nutrisi yang sangat padat. Dilansir dari webmd.com, kacang hijau kaya akan vitamin K dan kalsium. Nutrisi ini penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

Buat kamu yang senang masak dan menyantap berbagai menu olahan kacang hijau, pastikan kamu simpan bahan makanan tersebut dengan benar, ya. Karena seperti biji-bijian pada umumnya, kacang hijau ini mudah berjamur. Selain itu, akan muncul juga kutu-kutu kecil.

Nah, kutu ini biasanya muncul karena kacang hijau tidak disimpan di wadah yang rapat. Sehingga kacang hijau mudah terkontaminasi kutu dari bahan makanan yang berada di sekitarnya. Selain itu, kondisi kacang hijau cenderung kotor saat disimpan.

Karena ukuran kacang hijau cukup besar, maka kutu pun jadi lebih sulit dipisah. Mau nggak mau kamu harus menyortir satu per satu kacang hijau dan memisahkan kutu-kutunya. Bagi sebagian orang, cara ini tentu sangat ribet dan buang waktu.

Padahal tahu nggak sih, sebenarnya ada cara yang lebih simpel untuk mengusir kutu pada kacang hijau ini. Salah satu pengguna YouTube Oky Oky pun pernah membeberkannya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya