Cuma pakai satu alat dapur, ini trik merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau

Cuma pakai satu alat dapur, ini trik merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau
YouTube/Resep 5 Menit

Brilio.net - Ada banyak menu khas Indonesia yang terbuat dari daun singkong. Mulai dari tumisan, gulai, hingga sayur bobor. Tak hanya dimasak dengan bumbu, daun singkong juga lezat disantap menjadi lalapan.

Baik dimasak dengan bumbu atau untuk lalapan, ada cara paling dasar mengolah daun singkong yang harus dilakukan. Jadi, daun singkong perlu direbus terlebih dahulu. Perebusan daun singkong bertujuan agar teksturnya empuk dan lebih mudah dikonsumsi.

Merebus daun singkong sebenarnya mirip dengan teknik menggodok bahan makanan pada umumnya. Bedanya, proses perebusan daun singkong bisa berpengaruh pada hasilnya. Jika metodenya kurang tepat, daun singkong yang semula hijau segar bisa berubah hitam. Tampilan daun singkong hitam bisa menurunkan selera makan.

Ada baiknya kamu menerapkan trik khusus ketika merebus daun singkong. Kini ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk mencegah perubahan warna saat daun singkong direbus. Misalnya dengan menambahkan baking soda, garam, cuka, atau bahkan tanah liat.

Sejumlah bahan tersebut memang efektif menjaga warna hijau daun singkong. Namun terkadang hasil daun singkong yang direbus justru bisa jadi mudah hancur. Penambahan bahan-bahan tersebut dapat membuat tekstur daun singkong jadi lebih lunak.

Biar lebih aman, kamu bisa menerapkan trik merebus daun singkong yang pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Resep 5 Menit. Bukan dengan bahan makanan, ia justru memilih menambahkan satu alat dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya