Cuma perlu waktu 2 menit, begini cara mengatasi gas yang tidak mengalir ke kompor pakai 1 alat

Cuma perlu waktu 2 menit, begini cara mengatasi gas yang tidak mengalir ke kompor pakai 1 alat
foto: YouTube/Syakira Jindan_ Vlog

Brilio.net - Apa kamu pernah mengalami kesulitan saat menyalakan kompor gas? Permasalahan ini biasanya dialami oleh ibu-ibu rumah tangga setelah mengganti tabung gas dengan yang baru. Kalau mengalami kejadian serupa, coba periksa terlebih dahulu bagian yang rusak, apakah kompor, regulator, atau malah tabung gasnya.

Karena jika dilihat dari prinsip kerja kompor, tabung gas dan regulator punya peranan yang nggak kalah penting. Gas yang penuh tekanan akan mengalir ke bagian selang jika bagian katup pada regulator terbuka. Aliran gas ini kemudian akan masuk ke spuyer dan keluar di rongga tungku kompor dalam bentuk api.

Meski begitu, kadang kompor tetap tidak mau menyala meski tabung gas berisi penuh dan regulator tidak rusak. Lantas apa penyebabnya, ya? Setelah diusut, ternyata kejadian ini bisa disebabkan karena gas tidak mau naik ke kompor. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan di regulator atau ukuran selangnya yang terlalu kecil.

Jika mengalami kejadian serupa, nggak perlu panik dulu. Karena, ternyata ada cara mudah mengatasi gas yang tidak mau naik ke kompor, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Syakira Jindan_ Vlog. Di salah satu unggahannya, ia bahkan cuma menghabiskan waktu 2 menit saja untuk membuat kompor menyala seperti semula. Penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya