Hanya pakai 3 bahan dapur, ini trik suburkan pohon jambu air agar bunga dan buahnya tak mudah rontok

Hanya pakai 3 bahan dapur, ini trik suburkan pohon jambu air agar bunga dan buahnya tak mudah rontok
YouTube/tanaman rumah

Brilio.net - Banyak orang menanam pohon jambu air di halaman rumah sebagai tanaman peneduh. Daunnya yang hijau dan rimbun memang bisa memberikan sensasi sejuk pada pekaran rumah. Selain itu, hasil buahnya juga bisa dikonsumsi atau bahkan dijual kembali.

Rasa buah yang segar membuat jambu air ini disukai banyak orang. Nggak heran jika kemudian buah satu ini dikonsumsi sebagai camilan saat bersantai di rumah. Atau bisa juga diolah lagi menjadi berbagai macam minuman maupun dessert.

Namun untuk mendapatkan buah yang melimpah, pohon jambu air ini perlu perawatan khusus. Bukan tanpa sebab, bunga yang tumbuh di pohon kerap mengalami kerontokan. Padahal bunga ini merupakan bakal buah yang akan dipanen nantinya. Jadi jika bunganya rontok, tentu pohon tersebut tidak bisa menghasilkan buah yang melimpah.

Kerontokan bunga pada pohon jambu air ini pernah dijelaskan oleh pengguna YouTube tanaman rumah. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bahwa hal tersebut bisa terjadi karena tanaman kekurangan nutrisi. Nah, kekurangan nutrisi ini juga dapat menyebabkan bunga yang sudah berbuah sekalipun bisa rontok sewaktu-waktu, lho.

"Seperti kekurangan asupan nutrisi yang berperan menjaga kesuburan bunga dan buah. Dan beberapa beberapa unsur yang menjaga kesegaran bunga dan buah adalah unsur kalsium dan magnesium. Dari itu kita harus cukupi untuk kebutuhan beberapa nutrisi tersebut," ungkap pengguna YouTube tanaman rumah, dikutip BrilioFood pada Kamis (23/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya