Hemat gas, ini cara masak ayam kampung agar empuk dalam 12 menit tanpa presto

Hemat gas, ini cara masak ayam kampung agar empuk dalam 12 menit tanpa presto
YouTube/umy elys

Brilio.net - Ayam kerap dijadikan pilihan lauk di rumah. Selain mudah didapat, sumber protein satu ini juga praktis diolah. Kamu pasti nggak akan kehabisan ide mau bikin ayam jadi hidangan menarik. Karena bisa diolah dengan cara digoreng, ditumis, atau direbus, dan juga dimasak kuah.

Dilihat dari jenisnya, ada dua ayam yang biasa digunakan sebagai bahan dasar masakan, yakni ayam broiler dan ayam kampung. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya adalah pada tekstur daging. Ayam broiler memiliki daging yang melimpah dan empuk. Sedangkan daging ayam kampung cenderung sedikit dan alot.

Tekstur daging ayam kampung yang alot bisa karena ayam ini dipelihara dengan cara dilepas (bukan dalam kandang). Sehingga ayam kampung pun akan berkeliaran dan banyak energi dari pakannya yang terpakai. Proses pemeliharaan ini lantas membuat daging ayam jadi lebih sehat dan bernutrisi untuk dikonsumsi.

Namun karena proses pemeliharaan seperti itu juga, tekstur daging ayam kampung jadi lebih alot dibandingkan ayam broiler. Hal ini membuat ayam kampung harus diolah dengan cara khusus agar teksturnya empuk dan enak disantap. Biasanya, sebagian orang akan memasak ayam kampung dengan panci presto supaya cepat matang dan hemat gas.

Tapi jangan khawatir, ada cara lain yang bisa diterapkan ketika memasak ayam kampung agar hasilnya empuk tanpa presto. Cara masak ini pernah dipaparkan oleh pengguna YouTube bernama Elys. Melalui salah satu unggahannya di YouTube umy elys, dia mengaku proses memasak ayam kampung yang biasa dilakukannya hanya butuh waktu 12 menit. Elys pun hanya menggunakan panci biasa saat memasak ayam kampung ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya