Hemat gas, ini cara merebus kacang hijau hanya dalam 5 menit tanpa tambahan bahan

Hemat gas, ini cara merebus kacang hijau hanya dalam 5 menit tanpa tambahan bahan
foto: YouTube/Wanva Family

Brilio.net - Kacang hijau kerap dimanfaatkan jadi berbagai makanan, seperti untuk isian onde-onde, gandasturi, puding, hingga topping roti. Rasa kacang hijau yang khas memang dapat memperkaya cita rasa pada makanan-makanan tersebut.

Namun sebelum siap digunakan, kacang hijau ini perlu diolah dengan cara direndam dan direbus. Pengolahan ini akan membuat kacang hijau jadi semakin empuk, lembut, dan layak dikonsumsi. Selain mengubah tekstur, pengolahan kacang hijau juga bisa membuat bau langunya hilang.

Biasanya perendaman kacang hijau ini butuh waktu berjam-jam supaya teksturnya lebih lunak. Barulah kemudian, kacang hijau siap direbus. Dan nggak cuma pakai cara tersebut, ada juga yang mengolah kacang hijau tanpa direndam terlebih dahulu.

Biasanya, kacang hijau yang tidak direndam bisa langsung diolah dengan cara dimasak dengan presto. Atau bisa juga direbus dengan metode 5:30:7. Jadi, teknik ini dilakukan dengan merebus kacang hijau selama lima menit, lalu didiamkan 30 menit, baru kemudian direbus kembali selama 5 menit. Metode ini kerap digunakan karena tidak hanya ampuh bikin kacang hijau lunak, namun bisa hemat gas karena total perebusan cuma 12 menit.

Walau dianggap hemat waktu, namun sebenarnya ada cara lain yang jauh lebih singkat untuk membuat kacang hijau lebih empuk, lho. Cara ini dibagikan oleh seorang warganet YouTube bernama Wanva Family. Melalui salah satu video yang diunggah, Wanva mengaku bisa merebus kacang hijau hanya dengan waktu lima menit saja.

"Sebelumnya saya nge-share tentang cara merebus ketupat hanya dalam 12 menit, kemudian tips itu juga bisa dipakai untuk merebus kacang hijau. Tapi saya kepikiran, gimana caranya biar ngerebus kacang hijau itu lebih cepat lagi, bahkan kalau bisa lima menit sudah matang. Nah, setelah uji coba beberapa kali, akhirnya berhasil," papar YouTube Wanva Family, dilansir BrilioFood pada Rabu (1/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya