Jadi sebab nasi cepat basi dan kering, ini trik perbaiki karet tutup rice cooker yang telanjur longgar

Jadi sebab nasi cepat basi dan kering, ini trik perbaiki karet tutup rice cooker yang telanjur longgar
foto: YouTube/Must Gank

Brilio.net - Saat menanak nasi, sebagian besar orang kini selalu mengandalkan rice cooker. Alat elektronik satu ini memang bisa memudahkan penggunanya saat menanak nasi karena prosesnya lebih cepat dan antiribet. Cukup dengan memasukkan beras beserta air ke dalam panci di rice cooker, lalu tutup dan pencet tombol 'cook' (memasak). Beras tersebut kemudian akan matang dengan sendirinya dan menjadi nasi yang pulen.

Meskipun terbilang praktis, penggunaan rice cooker ini bukan berarti tanpa kendala. Dalam beberapa kasus, nasi yang ditanak dalam rice cooker terkadang jadi cepat basi atau bahkan kering. Sebelum 24 jam, nasi jadi nggak bisa dikonsumsi lagi padahal disimpan dalam kondisi hangat dalam rice cooker.

Dengan Philips 1.8L Digital Rice Cooker HD4515/29 memasak nasi makin gampang. Untuk kamu yang sedang ingin membeliPhilips 1.8L Digital Rice Cooker HD4515/29, cek di e-commerce favorit kamu di bawah ini.

Pada dasarnya, ada banyak penyebab nasi cepat basi dan kering, salah satunya adalah kondisi karet di bagian tutupnya yang mulai aus. Seiring penggunaan, karet yang semula kencang dan lentur bisa jadi longgar karena sudah kaku atau mengeras. Nah, menurunnya fungsi karet ini lantas sangat berpengaruh pada kondisi nasi yang disimpan dalam rice cooker.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube Must Gank pernah membagikan sebuah trik mengatasi masalah tersebut. Trik ini cenderung mudah dipraktikkan sendiri di rumah. Selain itu, bahan dan alat yang diperlukan juga nggak terlalu ribet.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya