Jangan cuma ditambah air, wanita ini punya trik atasi nasi kering agar pulen lagi pakai 1 bahan dapur

Jangan cuma ditambah air, wanita ini punya trik atasi nasi kering agar pulen lagi pakai 1 bahan dapur
Instagram/@ummubalqishaura

Brilio.net - Kondisi nasi yang kering menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Salah satu penyebab utama nasi menjadi kering adalah kurangnya air saat memasak. Jika jumlah air yang digunakan tidak cukup atau proses memasak tidak tepat, nasi bisa menjadi keras dan kering. Selain itu, memasak nasi dengan api terlalu besar atau terlalu lama juga dapat mengurangi kadar air dalam nasi, membuatnya menjadi kering.

Namun tak hanya itu, pemilihan jenis beras juga bisa memengaruhi tingkat kekeringan nasi. Beras yang kurang cocok untuk dibikin nasi, bisa menghasilkan tekstur yang lebih kering. Selain itu, cara penyimpanan nasi juga bisa memengaruhi kelembapannya. Jika disimpan terlalu lama di rice cooker, nasi bisa kehilangan kelembapannya dan menjadi kering.

Nasi yang telah kering seringkali dianggap tak layak konsumsi. Alhasil, nasi kering pun terbuang begitu saja. Padahal sebenarnya, nasi yang kering bisa disantap jika diolah kembali, lho. Biasanya sejumlah orang akan memasak kembali nasi tersebut dengan tambahan sedikit air. Namun jika ingin hasilnya lebih pulen, ada bahan lain yang juga harus ditambahkan selain air.

Bahan tambahan tersebut pernah digunakan oleh seorang wanita bernama Ummu. Melalui akun Instagram @ummubalqishaura, Ummu mengaku tidak hanya menambahkan air ke dalam nasi yang telanjur kering dan keras. Namun ada satu bahan dapur lain yang dinilai bisa membuat nasi jadi kian enak dan pulen.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya