Bukan diberi cuka, ini trik menanak nasi agar tidak lengket di rice cooker cuma tambah 1 bahan makanan

Bukan diberi cuka, ini trik menanak nasi agar tidak lengket di rice cooker cuma tambah 1 bahan makanan
foto: TikTok/@nailahomey

Brilio.net - Nasi termasuk makanan pokok yang hampir dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat kegiatan menanak nasi sudah jadi aktivitas sehari-hari. Agar praktis, kamu bisa menanak nasi pakai rice cooker.

Cara menanak nasi pakai rice cooker sangat mudah, nggak perlu keahlian khusus. Tinggal masukkan beras yang sudah dicuci dan air dengan takaran sesuai selera. Kalau sudah, tutup rice cooker dan tekan tombol “cook”.

Setelah matang, buka rice cooker. Hasil nasi pun matang sempurna dan pulen. Meski terdengar mudah, namun menanak nasi pakai rice cooker juga nggak lepas dari suatu kendala. Iya, karena terkadang nasi yang dihasilkan justru lengket. Alhasil beberapa butir nasi justru menempel di panci rice cooker.

Untuk menyiasati hal tersebut, sejumlah orang sengaja menambahkan cuka ke dalam rice cooker sebelum menanaknya. Alhasil, nasi yang dihasilkan pun jadi tidak lengket. Nggak cuma itu, nasi pun jadi beraroma harum. Hal ini tentu membuat nafsu makan jadi meningkat, kan?

Tapi nggak melulu pakai cuka, ternyata ada bahan makanan lainnya yang bisa ditambahkan saat menanak nasi. Cara ini sempat dilakukan oleh pengguna TikTok @nailahomey. Meski tanpa tambahan cuka, hasil nasinya tampak tidak lengket dan awet tahan lama. Lantas bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya