Jangan cuma pakai garam, ini trik merebus terong agar tak menghitam dan warnanya tetap ungu cerah

Jangan cuma pakai garam, ini trik merebus terong agar tak menghitam dan warnanya tetap ungu cerah
foto: YouTube/Limso Kitchen

Brilio.net - Terong merupakan jenis sayur yang mudah diolah jadi berbagai macam masakan. Sayur satu ini bisa dimasak dengan bumbu balado, tauco, sambal, atau bahkan dimasak kuah. Aneka olahan terong selalu cocok disantap sebagai menu sayur ala rumahan. Walau sederhana, namun rasanya yang lezat bikin selera makan jadi meningkat.

Namun saat hendak memasak terong, bahan satu ini biasanya memerlukan dua kali proses memasak. Proses memasak yang pertama bertujuan untuk mematangkan terong dan membuat tekstur lunak. Setelah itu, terong bisa dimasak lagi dengan berbagai macam bumbu.

Pada dasarnya ada berbagai macam metode yang bisa dilakukan untuk memasak terong agar lebih lunak. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan merebusnya dalam air mendidih. Cara ini kerap dilakukan karena dinilai lebih praktis dan bikin terong cepat matang.

Merebus terong juga dapat membuat kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Karena jika digoreng, biasanya terong akan menyerap banyak minyak dan jadi terlalu lembek. Kondisi terong seperti ini cenderung kurang sehat jika dikonsumsi setiap hari karena minyak di dalamnya membuat asupan kalori dan kolesterol jahat jadi meningkat.

Namun sebenarnya, merebus terong juga mendatangkan kendala tersendiri, lho. Biasanya terong yang direbus cenderung berubah warna jadi hitam. Terong yang kondisinya hitam seperti ini tentu bisa menurunkan selera makan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya