Bukan diberi tepung beras, ini trik bikin adonan terong krispi tahan lama cukup tambah 2 bahan dapur

Bukan diberi tepung beras, ini trik bikin adonan terong krispi tahan lama cukup tambah 2 bahan dapur
YouTube/Nuraaini Soewarto

Brilio.net - Terong sering dicampur sayur. Meski begitu, terong sebenarnya termasuk tanaman buah, lho. Bahan makanan dengan nama ilmiah Solanum melongena ini sering dijadikan menu sayur karena rasanya cenderung gurih dan kurang baik apabila dimakan langsung dalam keadaan mentah seperti kebanyakan jenis buah yang umum dikonsumsi.

Dilansir dari insider.com, terong sebaiknya tak dimakan mentah karena di dalam satu buahnya terdapat sekitar 11 miligram solanin. Solanin merupakan zat yang dikenal beracun untuk tubuh, sehingga terong harus dimasak supaya kadar solaninnya dapat menghilang dan aman dikonsumsi. Ada banyak olahan terong yang dapat kamu buat di rumah, seperti terong balado, terong raos, terong bakar, terong kuah santan, atau terong yang digoreng begitu saja.

Banyak yang menyukai terong goreng yang teksturnya krispi karena dibaluri dengan tepung. Namun, masih banyak orang merasa masih gagal membuatnya, karena tekstur renyahnya tak tahan lama. Untuk mengakalinya, seringkali adonan terong harus ditambahkan dengan tepung beras, sehingga tekstur renyahnya lebih awet. Namun, kalau kamu nggak memiliki bahan tersebut, kamu dapat mencoba trik lain, seperti yang dibagikan oleh warganet di akun YouTube Nuraaini Soewarto.

Warganet akrab disapa Nuraaini ini punya dua bahan dapur lain, alih-alih tepung beras, buat bikin terong goreng bisa lebih krispi lebih lama. Bahkan, ia pun mengaku renyahnya terong goreng buatannya mirip dengan tekstur kulit ayam kentucky yang banyak dijual di restoran, lho.

"Di tempatku lagi panen terong dan aku buat camilan terong krispi, simpel banget dan hasilnya enak banget," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Nuraaini Soewarto pada Kamis (19/10).

Wah, penasaran gimana trik membuatnya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya