Tak sampai 5 menit, ini cara cepat merebus sagu mutiara agar matang sempurna tanpa presto

Tak sampai 5 menit, ini cara cepat merebus sagu mutiara agar matang sempurna tanpa presto
foto: YouTube/Oke Masak

Brilio.net - Saat mendengar sagu mutiara, pasti yang terlintas di pikiran adalah bentuknya yang bulat dan warna merah muda yang cantik. Bahan makanan yang terbuat dari sagu atau tapioka ini memang kerap diolah sebagai dessert lezat. Setelah diolah, tekstur kenyal pada sagu mutiara ini memberikan sensasi lezat tersendiri.

Pada dasarnya, sagu mutiara sebenarnya memiliki bentuk lain, lho. Sama-sama terbuat dari sagu atau tapioka, sagu mutiara juga ada yang dibuat dengan bentuk pipih memanjang seperti stik. Sagu mutiara berbentuk stik ini lantas lebih sering disebut pacar cina.

Namun apapun bentuknya, sagu mutiara atau pacar cina biasanya diolah dengan cara yang sama, yakni dengan direbus. Saat masih mentah, sagu mutiara punya tekstur yang keras. Oleh sebab itu, sagu mutiara harus direbus dalam waktu yang lama agar cepat empuk dan matang sempurna.

Jika menggunakan panci biasa, durasi yang dibutuhkan biasanya mencapai 30-45 menit. Sedangkan jika menggunakan panci bertekanan tinggi seperti presto, sagu mutiara bisa matang dalam waktu 5-10 menit saja. Penggunaan panci presto ini memang lebih sering diandalkan karena bisa menghemat gas sekaligus waktu memasak.

Namun jika tidak ada panci presto di dapur, kamu bisa menggunakan teknik khusus saat merebus sagu mutiara ini. Seorang pengguna YouTube Oke Masak pernah memaparkan lebih lanjut tentang cara merebus sagu mutiara yang hemat gas. Meski tanpa panci presto, tapi sagu mutiara ini bisa empuk dalam waktu kurang dari 5 menit, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya