Tanpa bahan tambahan, ini trik masak sagu mutiara agar mengembang dan antilengket dalam waktu 12 menit

Tanpa bahan tambahan, ini trik masak sagu mutiara agar mengembang dan antilengket dalam waktu 12 menit
TikTok/@annisamauluddin

Brilio.net - Sagu mutiara sering dijadikan topping berbagai hidangan manis, seperti puding, bubur, es buah, hingga es lilin. Makanan yang memiliki warna merah muda ini saat digigit teksturnya lembut sekaligus kenyal.

Biasanya sagu mutiara dijual masih dalam kondisi kering atau mentah. Nggak heran jika teksturnya masih sangat keras, bahkan hampir sama seperti kerikil. Oleh karena itu, sebelum dimakan sagu mutiara harus dimasak dahulu.

Banyak orang memilih merebus sagu mutiara. Agar hasilnya mengembang sempurna, rebus cukup lama bisa sekitar 20-30 menit. Namun jika pakai cara tersebut, tekstur sagu mutiara justru lengket. Belum lagi, penggunaan gas juga jadi boros, deh.

Sebagai solusinya, sebagian orang ada yang menambahkan garam ke dalam air rebusan. Penambahan garam dipercaya bisa mempercepat proses empuk sagu mutiara. Bahkan nggak sampai 20-30 menit, sagu mutiara bisa matang sempurna dan siap dikonsumsi. Sayangnya, takaran garam yang terlalu banyak bisa mengubah cita rasa sagu mutiara itu sendiri, lho.

Nah, kalau kamu nggak mau pakai garam, coba tiru cara merebus sagu mutiara yang dilakukan oleh warganet bernama Annisa Mauluddin. Di salah satu unggahan videonya, ia mengaku tidak menambahkan satu bahan apapun ke dalam air rebusan sagu mutiara.

Namun begitu, hasil rebusan sagu mutiara tetap mengembang dan antilengket meski cuma direbus dalam waktu singkat. Yup, cuma menghabiskan waktu 12 menit saja, lho.

Penasaran bagaimana caranya?



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya