Tanpa baking powder dan air es, ini trik bikin bakwan enak dan garing cuma tambahkan 1 bahan dapur

Tanpa baking powder dan air es, ini trik bikin bakwan enak dan garing cuma tambahkan 1 bahan dapur
foto: YouTube/Dapur Bunda Erli

Brilio.net - Ada banyak jenis gorengan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Ada cireng, tahu isi, mendoan, bakwan, dan masih banyak lagi. Di antara banyak jenisnya, bakwan sudah pasti jadi favorit banyak orang.

Bakwan semakin lezat jika disantap dengan cabai rawit atau saus cocolan. Nggak cuma dimakan sebagai camilan, sebagian orang bahkan menjadikan bakwan sebagai lauk pendamping nasi.

Untuk membuat tekstur bakwan yang renyah, kebanyakan orang sengaja menambahkan berbagai bahan ke dalam adonan. Salah satu bahan yang digunakan adalah baking powder. Meski teksturnya jadi renyah, kadang penambahan baking powder malah mengubah cita rasa bakwan itu sendiri. Iya, kalau takaran baking powder kebanyakan, bakwan malah bercita rasa pahit.

Ada juga yang menambahkan air es sebagai campuran adonan bakwan. Air es dipercaya dapat membuat tekstur bakwan tetap renyah meski sudah dalam kondisi dingin.

Nggak melulu kedua bahan tersebut, kamu juga bisa menggunakan tambahan bahan dapur lainnya untuk membuat bakwan yang bertekstur renyah. Salah seorang warganet yang biasa disapa Bunda Erli sempat membagikan resep bakwan lewat unggahan di YouTube Dapur Bunda Erli.

"Rasanya enak banget dan teksturnya kriuk, gurih gitu saat digigit," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Bunda Erli pada Jumat (15/9).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya