Cukup 10 menit, begini cara masak sagu mutiara agar awet dan tak lengket hingga 1 minggu

Cukup 10 menit, begini cara masak sagu mutiara agar awet dan tak lengket hingga 1 minggu
YouTube/wa agus

Brilio.net - Sagu mutiara sering dijadikan isian berbagai macam dessert atau minuman. Bentuknya yang bulat seperti mutiara membuat bahan makanan ini selalu bisa mempercantik makanan. Selain itu, teksturnya yang kenyal dan lembut memberikan sensasi unik tersendiri saat menyantapnya.

Tapi saat masih mentah, sagu mutiara punya tekstur keras. Sehingga perlu direbus dalam waktu yang lama. Durasi perebusan ini bisa memakan waktu 30 menitan hingga sagu benar-benar matang dan mengembang. Panjangnya durasi ini tentu bisa bikin boros gas.

Dan nggak cuma itu, sagu mutiara yang tidak dimasak dengan baik bisa jadi lengket, lho. Hasil sagu mutiara yang lengket cenderung mudah hancur dan sulit digunakan. Selain itu, sagu mutiara yang lengket bisa cepat basi ketika disimpan, sehingga nggak cocok dijadikan stok. Dalam waktu 2-3 hari saja, sagu mutiara akan basi.

Padahal kamu bisa memperpanjang masa simpannya jika sagu mutiara dimasak dengan tepat. Seorang warganet YouTube dengan akun wa agus pernah membuktikannya. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku sagu mutiara yang dimasak bisa awet dan nggak lengket sampai berhari-hari, lho.

"Dan kita bisa menyimpannya sampai seminggu, sangat cocok sekali untuk yang berjualan menggunakan sagu mutiara," kata YouTube wa agus dikutip BrilioFood dari YouTube wa agus pada Jumat (19/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya