Nggak perlu pakai nasi pera, ini trik bikin nasi goreng tidak menggumpal dan berkerak di wajan

Nggak perlu pakai nasi pera, ini trik bikin nasi goreng tidak menggumpal dan berkerak di wajan
YouTube/Ibut Indra Budi

Brilio.net - Bosan sama menu makanan yang itu-itu saja, namun nggak punya waktu banyak untuk memasak? Masak nasi goreng bisa jadi pilihan tepat. Apalagi cara membuatnya pun jauh dari kata ribet.

Nasi goreng umumnya hanya membutuhkan bumbu-bumbu dasar yang ada di dapur. Seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai kalau kamu penyuka makanan pedas. Semua bumbu halus tersebut langsung dicampur nasi dan aneka topping sesuai selera.

Meski terlihat gampang, membuat nasi goreng tetap harus dilakukan dengan benar. Karena jika asal, nasi goreng yang dihasilkan malah akan menggumpal dan bumbunya tidak rata. Apalagi kalau terlalu lama dimasak, nasi akan berkerak dan menempel di permukaan wajan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, biasanya sebagian orang menggunakan beras jenis khusus untuk membuat nasi goreng, yaitu pera. Bahkan ada juga yang sengaja menyimpan nasi putih ke kulkas untuk diolah jadi nasi goreng keesokan harinya.

Nah, sebenarnya ada cara yang lebih praktis untuk membuat nasi goreng. Cara ini sempat dibagikan oleh seorang warganet bernama Ibut Indra Budi. Di salah satu video YouTube, pria satu ini memberikan resep sekaligus tutorial bikin nasi goreng yang enak, tidak menggumpal, dan berkerak di wajan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya