Trik menanak nasi rendah kadar gula, cuma pakai 1 bahan dapur

Trik menanak nasi rendah kadar gula, cuma pakai 1 bahan dapur
YouTube/IPB TV

Brilio.net - Nasi menjadi salah satu makanan pokok masyarakat. Bahkan ada yang beranggapan belum makan jika tidak mengonsumsi nasi bersama lauk pauknya.

Meski lezat dan mengenyangkan, nasi memiliki kadar pati yang tinggi, lho. Dilansir healthline.com, dalam secangkir beras putih mengandung 45 gram karbohidrat dan menghasilkan 206 kalori.

Sayangnya, kandungan pati yang terkandung dalam beras seringkali tidak semuanya bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Alhasil kandungan ini akan berubah menjadi zat gula yang kemudian diserap oleh aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh naik.

Nggak cuma itu, tingginya kadar gula pada darah juga akan membentuk lemak dalam tubuh. Nggak heran jika akhirnya nasi putih pun dihindari oleh orang yang sedang menjalani diet.

Tapi nggak perlu khawatir, ternyata ada solusi untuk kamu yang sedang diet ataupun pengidap diabetes kalau mau tetap makan nasi putih. Cara ini dibagikan oleh pengguna YouTube IPB TV.

Dilansir BrilioFood dari YouTube IPB TV pada Jumat (12/5), seorang dosen Departemen Gizi Masyarakat Universitas IPB (Institut Pertanian Bogor) menjelaskan penelitian dari Sri Lanka mengenai cara menanak nasi agar rendah glukosa.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya