Jangan cuma direndam air garam, ini trik merebus terong agar warnanya tidak menghitam dan tak pahit

Jangan cuma direndam air garam, ini trik merebus terong agar warnanya tidak menghitam dan tak pahit
YouTube/Lingtjen Kitchen

Brilio.net - Terong termasuk jenis sayuran yang mudah didapat. Di pasaran, terong dijual dengan harga ekonomis sehingga sering jadi pilihan menu hemat. Tak hanya itu, rasanya yang enak dan teksturnya yang empuk membuat terong bisa diolah jadi banyak menu lezat, misalnya dibikin sambal balado, ditumis, dimasak lodeh, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari proses pengolahannya, terong umumnya dimasak dengan dua kal. Pertama adalah proses pengolahan terong agar teksturnya lembut dan lunak. Setelah itu, terong baru bisa dimasak dengan bumbu dan rempah.

Proses pengolahan pertama bisa dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya adalah direbus. Merebus terong ini lebih umum dilakukan karena memang praktis. Selain itu, kandungan nutrisi pada terong juga tidak akan berubah, sehingga dianggap lebih sehat.

Namun merebus terong juga memberikan dampak tersendiri, lho. Tak terkecuali bikin warnanya berubah. Setelah dipotong dan direbus, terong yang semula cerah bisa jadi hitam, nih. Hal ini terjadi karena terong termasuk sayuran yang mudah teroksidasi, proses kimia alami yang mengubah akibat paparan oksigen. Jadi paparan oksigen dan uap panas dari perebusan berpotensi mengubah warnanya.

Untuk menghindari proses oksidasi tersebut, sejumlah orang biasanya akan merendam potongan terong di air garam. Penggunaan garam tersebut dianggap mampu mencegah oksidasi yang menyebabkan perubahan warna pada terong. Sayangnya bagi sebagian orang, perendaman air garam ini tidak sepenuhnya bekerja maksimal.

Menanggapi hal tersebut, seorang pengguna YouTube bernama Lingtjen Kitchen pernah membagikan sebuah trik ketika merebus terong. Tidak hanya mengandalkan garam, dia juga menggunakan satu bahan dapur lagi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya