Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun

Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun
Haluskan daun pepaya |

Jadi, selain sabun cuci piring, bahan lain untuk membasmi hama penyebab daun pohon cabai keriting adalah daun pepaya. Daun pepaya bisa dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu. Lalu, haluskan daun pepaya bersama air secukupnya menggunakan blender. Jika sudah, saring dan ambil airnya saja.

"Daun pepaya memiliki kandungan bahan aktif, flavonoid, terpenoid, dan alkalid yang bersifat racun bagi hama dan serangga," jelas pemilik akun TikTok @pandafarm_indonesia, dikutip BrilioFood pada Rabu (15/11).

Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun

foto: TikTok/@pandafarm_indonesia

Setelah disaring tuangkan 1 sampai 2 tetes sabun cuci piring ke air daun pepaya. Aduk rata dan pindahkan ke botol spray atau semprotan. Selanjutnya, semprotkan campuran daun pepaya dan sabun ini ke daun pohon cabai yang keriting secara berkala. Pastikan proses penyemprotan dilakukan di sore hari ya, biar tanaman cabai tak mudah layu.

"Bisa semprotkan ramuan ini ke daun cabai yang keriting 2 hari sekali sampai hama pada daunnya menghilang, sehingga daun cabai yang keriting dapat tumbuh sehat dan subur kembali," pungkas warganet di akun TikTok @pandafarm_indonesia.

Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun

foto: TikTok/@pandafarm_indonesia

Wah, gimana, sederhana banget kan trik mengatasi daun pohon cabai yang keriting ini? Mengintip kolom komentar di video TikTok @pandafarm_indonesia yang sudah ditonton 350 ribu kali, beberapa warganet mengaku tertarik mencoba, lho. Di sisi lain, ada pula yang membagikan trik lain buat atasi tanaman cabai yang daunnya keriting.

"kalau ga ada daun kates,bisa di ganti lain kah," tanya TikTok @Nova Hari Saputro yang dijawab oleh warganet lain @hikmmahstore, "fypku yang ibuk2 tadi pake minyak goreng 3sendok maa sabun cuci piring 3 sendok."

"wih keren , kalo saya dicampur dengan sabun cair dan paramex (obat sakit kepala)," tulis TikTok @Yang Sudah Boleh Pulang.

"klo untuk kutu penyebab kriting daun saya biasa pakai, jahe,lada,cabe. ini lebih ampuh," jelas TikTok @Urban_Farming_Organic.

@pandafarm_indonesia Siapa yang dirumah tanaman cabai daunya pada keriting? Itu bisanya di sebabkan oleh hama. mipan punya solusi nih @Panda Farm Indonesia #pandafaram #berkebun #berkebundirumah #tipsberkebun #berkebundilahansempit #potgerabah #potgerabahmurah #jualpotgerabah #potgerabahtangsel #potgerabahtermurah #potplastik #potplastikmurah #jualpotplastik #potdinding #potdindingmurah #potdindingplastik #pupukkompos #pupukmurah #jualpupuktangsel #growgoodbungabuah #nutrisibuahgrowgood #pupukorganik #pupukorganikmurah #jualpupukorganik #pupukorganikcair #pupukorganikcairbisofer #nutirisitanaman #metanpremiumbiosfer #sekopberkualitas Rock and Roll Session - Canal Records JP

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya